Monday, July 02, 2012

Mungkin ini Memang Jet Tempur Siluman Baru China

Di artikel sebelumnya, saya cenderung mengatakan bahwa barang misterius ini hanyalah sebuah pesawat latih Hongdu L-15 yang diangkut dengan truk flatebed. Karena rasa ingin tahu, saya cari lagi informasinya dan tampaknya barang misterius tersebut memang tampak lebih mirip seperti jet tempur siluman F-60, pabrikan pesawat Shenyang China dikabarkan sedang membangun pesawat ini. Nah, dengan adanya foto baru ini, saya kembali berfikir dan cukup yakin kalau pesawat ini memang benar-benar F-60 siluman.
Shenyang F-60

Shenyang F-60

Shenyang F-60

Shenyang F-60

Seperti yang Anda lihat di foto-foto disini, tampak bahwa jet misteri tersebut memiliki intake udara yang memang menyerupai seperti apa yang ditampilkan pada Shenyang F-60, wing flap-nya juga tampak menyerupai F-60, begitu juga kokpit-nya. Itu pendapat saya, tapi anda lah "hakimnya" he..

Dilihat pada model, F-60 menyerupai versi kecil dari F-22 Raptor, tapi dengan intake udara dan nozel yang berbeda.

Shenyang F-60
Model Shenyang F-60

Jika yang terselubung ini benar-benar jet siluman F-60 (tapi bisa jadi ini adalah pesawat lain atau hanya sebuah "kebohongan" besar dari F-60), Cina sepertinya ingin menunjukkan kepada dunia dua jenis baru jet tempur fighter siluman mereka dalam waktu kurang dari dua tahun.