Wednesday, January 25, 2012

Sukhoi FAK FA T-50 Rusia Jauh Lebih Hebat Ketimbang F-22 Raptor AS


Jet tempur baru generasi ke-5 Rusia yaitu PAK FA T-50 melakukan demonstrasi penerbangan pertamanya di MAKS-2011 International Air and Space Show di dekat Moskow. Demonstrasi terbang itu untuk menyambut kedatangan Perdana Menteri Vladimir Putin di acara tersebut. Sukhoi PAK FA T-50 adalah jet tempur bermesin kembar yang dikembangkan oleh Sukhoi OKB untuk Angkatan Udara Rusia.

Perdana Menteri Putin mendapatkan kesempatan untuk melihat dari dekat pesawat Sukhoi PAK FA T-50 tersebut yang telah menghabiskan dana ratusan juta rubel dalam investasi proyek pembuatannnya adalah tidak sia-sia. Para desainer dari jet tempur tersebut mengatakan kemampuan dari Sukhoi PAK FA T-5o tersebut melebihi jet tempur AS yang sekelas seperti F22 Raptor. 

Namun, bagaimanapun juga AS lah yang menjadi pioneer untuk untuk jet tempur sekelas ini. Selang beberapa waktu dari situ, dua jet PAK FA T-50 kembali muncul di langit kota Zhukovsky pada pukul 16:00 (Agustus). Jet tempur tersebut melakukan beberapa kali manuver di Udara lalu kemudian mendarat. --- wah, coba kalo di Indonesia sering ada manuver tiba-tiba jet tempur di langit kota-kota nya, pasti asyik tuh :)---

lebih hebat dari F-22 raptor

Sukhoi FAK FA T-50


PAK FA T-50 menggabungkan 2 fungsi kemampuan jet tempur yaitu assault craft dan fighter jet. Pesawat ini dilengkapi dengan perlengkapan baru avionik yang mengintegrasikan fungsi elektronik dan radar prospektif-array radar. Yaitu sebuah teknologi baru yang membuat pilot memiliki kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada pelaksanaan tugas-tugas tempur.

Peralatan on-board tersebut secara real time memungkinkan untuk integrasi data baik dengan pusat-pusat kontrol misi dan juga pada kelompok-kelompok penerbangan udara lainnya. Penggunaan bahan-bahan komposit dan teknologi inovatif, konfigurasi aerodinamis dari jet tempur tersebut, dan langkah-langkah peminiman reduksi mesin membuat dan jet ini tidak terlacak radar, optik dan infrared.

lebih hebat dari F-22 raptor

Sukhoi FAK FA T-50


Jadi, jelaslah jika pesawat generasi kelima Rusia ini  dapat  disetarakan  dengan  F-22 Raptor AS. Atau  secara  sepihak dikatakan,  kemampuannya  melebihi F-22 Raptor AS.  "Dapat dikatakan  bahwa  kemampuan   T-50  melebihi  jet-jet   sekelas  lainnya  pada spesifikasi  tertentu, antara lain  manuver, itu  yang  utama. Sistem artificial  intellect jet ini pun juga akan mengejutkan para  pesaing lain," kata official. Perlu  diketahui,  selama ini  hanya ada  satu  jet  tempur generasi kelima di dunia yaitu F-22 Raptor AS.

Delapan  puluh  lima  persen  dari  permukaan  T-50 ditutupi dengan bahan teknologi nano unik yang mengurangi visibilitas pesawat dan tekanan di udara. Spesifikasi teknis dari rudal jet ini melebihi jet sekelas dari AS. Selain itu, T-50 dapat menembakkan rudal tersembunyi dari bagian internal pada kecepatan hipersonik. Berbeda dengan T-50, generasi kelima pesawat AS juga bisa melakukan hal ini, tapi untuk tujuan tersebut harus mengurangi kecepatan pesawat.

lebih hebat dari F-22 raptor

Sukhoi FAK FA T-50


Di lain sisi, Amerika Serikat juga terus melakukan pengembangan pesawat generasi kelima baru yaitu F-35. Tetapi kemungkinan pesawat tersebut baru akan digunakan oleh Amerika Serikat pada tahun 2016.

lebih hebat dari F-22 raptor

Sukhoi FAK FA T-50


nb: Menurut para ahli, nilai dari semua kontrak yang diterima setelah MAKS Air Show 2011 melebihi $ 10 miliar. Indonesia juga menandatangani kontrak senilai $ 380.000.000 pada hari pertama pertunjukan untuk membeli 12 Sukhoi SuperJet-100 (pesawat penumpang). Semua pesanan akan dikirimkan ke pelanggan sebelum 2015.

http://www.pravda.ru/