Wednesday, March 18, 2020

25 Negara Terkuat di Dunia Tahun 2020

Peta bendera dunia

Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China tetap menjadi negara terkuat di dunia berdasarkan ranking kekuatan global tahun ini.

Ranking ini diterbitkan oleh US News and World Report, dengan melihat bagaimana pengaruh suatu negara, serta kekuatan politik, ekonomi, dan juga militernya. Perankingan ini  adalah bagian dari studi “Best Countries” tahunan US News, yang mengevaluasi 80 negara berdasarkan respon dari 21.000 orang.

Berikut adalah 25 negara terkuat di dunia, berdasarkan ranking tahun 2020:


25. Mesir
US News menyebut Mesir sebagai salah satu peradaban paling awal dan terhebat di dunia. US News juga mencatat bahwa geografinya, termasuk Sungai Nil dan laut, telah menjadikannya sebagai pusat budaya dan perdagangan.

Selama sejarah keberadaannya, lokasinya juga telah membuat Mesir menjadi hadiah untuk diklaim oleh kekaisaran dan menempatkannya di pusat gerakan sosial dan keagamaan. Mesir naik empat peringkat dibandingkan tahun lalu, yang mana Mesir berada di peringkat ke-29.

24. Brasil
Brasil melejit naik peringkat tahun ini. Pada 2019, Brasil berada di peringkat ke-30 dunia. US News tidak hanya mencatat ukuran yang besar dari negara itu dan daya tariknya sebagai objek wisata, tetapi juga pergolakannya, yang mungkin meningkat di bawah presiden kontroversial negara itu Jair Bolsonaro.

Menempati setengah dari daratan Amerika Selatan, Brasil adalah raksasa benua - baik dalam ukuran maupun populasi. Sejarah Brasil dipenuhi dengan gejolak ekonomi, dan budayanya secara tradisional welcome kepada dunia.

Brasil adalah salah satu tujuan wisata top dunia, meskipun hingga abad ke-21 ini Brasil tetap menghadapi berbagai masalah klasik seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, pemerintahan dan lingkungan.

23. Norwegia
Norwegia adalah salah satu negara yang naik peringkat di 2020, bergerak dari posisi ke-27 di 2019 ke-23 di 2020. US News mencatat sejarahnya dalam membangun budaya maritim, dan dampak Viking terhadap negara-negara terdekat.

22. Singapura
Singapura jatuh dari posisi ke-20 tahun lalu. Didirikan sebagai koloni perdagangan Inggris pada abad ke-19, Singapura adalah kota metropolitan yang ramai di Asia Tenggara dan merupakan rumah bagi salah satu pelabuhan tersibuk di dunia. US News juga mencatat bahwa PDB Singapura yang tinggi telah menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

21. Belanda
Belanda juga naik tahun ini, berada di peringkat 26 pada 2019. US News mencatat bahwa tiga sungai besar di Eropa - Rhine, Meuse dan Schelde - mengalir melalui tetangga Jerman dan Belgia ke pelabuhan-pelabuhan sibuk di negara kincir angin ini.

20. Swedia
Swedia berada di peringkat ke-21 pada tahun 2019, artinya naik tahun ini. US News menyebukan bahwa Swedia adalah salah satu negara terbesar di Uni Eropa karena daratannya.

19. Spanyol
Spanyol terdaftar sebagai peringkat ke-23 tahun lalu. US News mencatat pengaruhnya di seluruh dunia setelah beberapa dekade kolonialisme.

18. Qatar
Qatar adalah satu lagi yang melejit. Qatar terdaftar sebagai peringkat 24 tahun lalu. US News mencatat kekayaan moneternya meskipun ukurannya kecil. Sekarang Qatar kaya akan minyak dan gas alam, dan menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

17. Italia
Italia berada di peringkat ke-18 tahun lalu. US News mencatat bahwa negara itu telah menarik 40 juta wisatawan setiap tahun.

16. Turki
Turki tidak beranjak, tetap berada di peringkat ke-16 pada tahun 2019. US News mengatakan Turki adalah rumah bagi persimpangan budaya yang unik yang mana negara ini menjadi jembatan antara Asia dengan Eropa.

Selama lebih dari satu dekade, perebutan kekuasaan antara pemerintah sekuler yang didukung militer dan gerakan keagamaan yang semakin populer telah menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas pemerintah.

15. Australia
Australia menempati posisi yang sama tahun lalu. US News mencatat bahwa negara ini unik karena terhampar seluas satu benua.

14. India
India naik tiga tempat dibandingkan tahun lalu, ketika berada di peringkat ke-17. India merupakan rumah bagi 1,4 miliar orang, India adalah negara dengan populasi terpadat kedua di dunia setelah Tiongkok, dan memiliki sekitar seperenam dari populasi dunia.

13. Swiss
Swiss naik satu tempat dibandingkan tahun lalu, saat itu ke-14. US News mencatat bahwa Swiss adalah salah satu negara terkaya di dunia, dan telah terkenal selama berabad-abad karena netralitasnya.

12. Kanada
Kanada berada di posisi yang sama seperti tahun lalu. Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia karena daratannya, dan US News menyebutkan bahwa hutan belantara yang luas ke utara memainkan peran besar dalam identitas Kanada, seperti halnya reputasi negara itu dalam menyambut imigran.

11. Uni Emirat Arab
Posisi UEA sama seperti di tahun 2019. Meski konservatif, UEA adalah salah satu negara Teluk yang paling liberal, dengan konstitusi yang memungkinkan kebebasan beragama.

10. Arab Saudi
Arab Saudi turun satu tempat dibandingkan tahun lalu, ketika itu berada di peringkat ke-9. US News menyebutnya raksasa Timur Tengah karena daratannya, dan mencatat pentingnya negara itu bagi Muslim. Jutaan Muslim dari seluruh dunia berpartisipasi dalam ibadah haji ke Mekah setiap tahun.

9. Korea Selatan
Korea Selatan berada di peringkat 10, turun satu peringkat dibanding tahun lalu. US News mencatat konflik negara itu yang sedang berlangsung dengan Korea Utara.

8. Israel
Israel juga berada di peringkat 8 tahun lalu. Untuk ukurannya yang relatif kecil, negara ini telah memainkan peran besar dalam urusan global. Negara ini memiliki ekonomi yang kuat, landmark penting bagi beberapa agama dan hubungan yang tegang dengan banyak tetangga Arabnya.

7. Jepang
Jepang juga berada di peringkat ke-7 tahun lalu. US News menyebutnya sebagai salah satu negara yang paling melek huruf dan maju secara teknis.

6. Prancis
Posisi Prancis tidak berubah dibandingkan dengan tahun lalu. US News mengatakan sulit untuk melebih-lebihkan pengaruh Perancis terhadap dunia, baik di masa lalu dan hari ini.

Terletak di Eropa Barat, Prancis adalah salah satu negara tertua di dunia, dan jangkauannya meluas ke seluruh dunia melalui sains, politik, ekonomi dan budaya. Dimulai pada Abad Pertengahan, Prancis berevolusi melalui kerajaan, kekaisaran dan akhirnya, menjadi sebuah republik.

5. Kerajaan Inggris
Inggris juga berada di peringkat ke-5 tahun lalu. US News menyebutnya sebagai negara yang sangat maju yang memberikan pengaruh ekonomi, politik, ilmiah dan budaya internasional yang cukup besar.

US News juga mencatat soal pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, dan mengatakan ini telah mengantarkan kecemasan tentang peran negara itu di panggung global.

4. Jerman
Jerman juga berada di peringkat ke-4 pada tahun 2019. Negara terpadat di Uni Eropa ini menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia dan telah memainkan perannya dalam komunitas internasional dengan stabil sejak penyatuan kembali Jerman Timur dan Jerman Barat.

3. China
Posisi China belum berubah sejak tahun lalu. US News menyebutkan China adalah rumah bagi salah satu peradaban tertua di dunia dan China adalah negara terpadat di dunia.

2. Rusia
Rusia juga berada di peringkat ke-2 tahun lalu. US News mengatakan skala Rusia sulit dibayangkan. Ini adalah negara terbesar di dunia berdasarkan daratan - hampir dua kali lebih besar dari Kanada, negara terbesar kedua di dunia - dan mencakup seluruh Asia utara dan sebagian besar Eropa Timur. Rusia berbagi perbatasan darat dengan lebih dari selusin negara, dan berbagi perbatasan laut dengan Jepang dan Amerika Serikat.

1. Amerika Serikat
AS mempertahankan posisinya sebagai negara terkuat di dunia. US News menyebutnya sebagai kekuatan ekonomi dan militer paling dominan di dunia dan jejak budayanya menyebar di dunia melalui film, TV, dan musik.