Sunday, May 26, 2019

Isi Kokpit Salah Satu Senjata Paling Rahasia AS - Bomber Siluman B-2

Kokpit pembom B-2 Spirit

Pesawat bomber (pembom) B-2 Spirit adalah salah satu senjata paling rahasia milik AS. Di bulan ini, kita mendapatkan pandangan pertama yang luar biasa untuk senjata perang yang kuat ini.

Satuan 509th Bomb Wing Angkatan Udara AS baru-baru ini mengizinkan wartawan sipil Jeff Bolton untuk merekam bomber B-2 dari dalam kokpit dalam sebuah penerbangan. Defense News mempublikasikan video eksklusifnya, sehingga kita bisa melihat ke dalam kokpit pesawat itu untuk pertama kalinya dalam sejarah 30 tahun pesawat pembom itu.

Kokpit pembom B-2 Spirit

Layar dan peralatan yang terlihat di kokpit membantu pilot lolos dari sistem pertahanan udara musuh yang ketat untuk menyerang target musuh.

Kokpit pembom B-2 Spirit

Kokpit B-2 diisi dengan berbagai tampilan multi-fungsi yang memungkinkan kru memonitor operasi, serta dengan cepat menemukan kesalahan fungsi atau pembacaan yang diluar toleransi.

"Layar dan peralatan yang ditampilkan di Defense News adalah sistem komunikasi, propulsi, sistem kontrol penerbangan dan navigasi yang terintegrasi," kata juru bicara 509th Bomb Wing di Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri, dikutip dari Business Insider.

"Layar dan peralatan," katanya, "digunakan oleh pilot kami untuk memberikan efek presisi senjata di wilayah udara yang sangat dipertahankan. Sistem ini membantu 509th Bomb Wing untuk menggunakan B-2 untuk mengeksekusi opsi nuklir dan serangan global untuk Amerika Serikat. "


Pesawat siluman yang kuat ini hanya dikemudikan oleh dua orang awak, yang harus mengawasi berbagai instrumen dalam penerbangan.

Kokpit pembom B-2 Spirit

B-2 Spirit, sebuah pesawat dengan desain sayap terbang yang unik, adalah bagian penting dari kemampuan pencegahan nuklir Amerika.

Dengan diawaki oleh dua orang, fitur pesawat ini yang low-observable memberikannya radar signature yang hampir tidak terdeteksi, membuatnya hampir tidak terlihat (siluman) dan mampu menembus pertahanan musuh yang canggih untuk menyerang sasaran dengan berbagai persenjataan, baik konvensional maupun nuklir.


Beberapa instrumen lebih penting daripada yang lain.

Kokpit pembom B-2 Spirit

Menurut pilot bomber B-2, tampilan yang terpenting adalah Vertical Situation Display (VSD).

"B-2 adalah (pesawat dengan) perjalanan paling mulus di langit dengan auto-pilot yang sangat cakap," pilot menjelaskan, memberi tahu bahwa pilot B-2 muda kadang-kadang lupa bahwa mereka sedang menerbangkan pesawat ketika mereka menundukkan kepala saat melakukan tugas-tugas lain. "VSD memberikan pilot semua info yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kembali kesadaran situasional."

VSD menggabungkan semua instrumen penerbangan standar menjadi satu tampilan. Orientasi pesawat (sikap), ketinggian, kecepatan udara, heading, dan sudut serang semua pada satu layar.

Horizontal Situation Display (HSD) juga cukup penting, karena tidak hanya menunjukkan rute, tetapi juga memungkinkan pilot B-2 mengetahui pesawat teman atau musuh di dekatnya, serta informasi radar yang relevan.

Resources
  • BI