Tuesday, May 14, 2019

6 Helikopter Militer Termahal di Dunia

Militer mendapat kepercayaan dan tugas dari negara untuk menjaga kedaulatan wilayah. Untuk menunjang tugas itu, diperlukan senjata-senjata terbaik dengan kemampuan mumpuni.

Tak hanya pesawat, militer juga mengembangkan helikopter dengan didukung oleh teknologi canggih.

Mengembangkan helikopter bukanlah pekerjaan yang mudah dan murah. Namun, kerja keras dan banyaknya dana yang dihabiskan akan terbayar dengan kualitas dan kemampuan yang dimiliki oleh helikopter tersebut.

Berikut enam helikopter militer termahal yang pernah dibuat:

1. Denel Rooivalk
Denel Rooivalk

Helikopter serang ini dikembangkan oleh perusahaan Afrika Selatan, Denel. Tujuannya untuk melayani Angkatan Udara Afrika Selatan dan dioperasikan oleh Skuadron Elite ke-16 yang bermarkas di Pangkalan Udara Bloemspruit pada April 2011.

Banyak pakar militer yang menilai helikopter ini sebagai alat tempur yang gesit dengan dilengkapi persenjataan yang mumpuni. Selain itu Denel Rooivalk mampu bermanuver dengan lincah dan memiliki kecepatan maksimal hingga 309 kilometer per jam.

Helikopter ini memiliki panjang 18 meter dengan tinggi 5,19 meter dan dibekali dua mesin turboshaft. Kapasitasnya adalah dua kru yakni pilot dan gunner.

Harga helikopter ini di kisaran USD 40 juta.

2. Eurocopter Tiger 
Eurocopter Tiger

Helikopter ini dikembangkan perusahaan Perancis dengan perusahaan Jerman Barat. Eurocopter Tiger menjadi jawaban Eropa sebagai tandingan helikopter tempur Uni Soviet.

Eurocopter Tiger awalnya dikembangkan untuk Angkatan Darat Jerman dan Angkatan Darat Perancis dengan tiga konfigurasi, versi multi-peran dukungan serangan (UHT) untuk AD Jerman, multi-peran tempur (HAD) dan multi-peran dukungan tempur (HAP) untuk AD Prancis.

Hasilnya helikopter ini berhasil melakukan berbagai misi termasuk pengintaian bersenjata, operasi anti-tank, dan dukungan udara.

Keunggulan helikopter ini adalah mampu terbang dengan kecepatan tinggi dan mampu menembak dengan akurat. Rotor utama sepanjang 13 meter mampu memberikan kelincahan bermanuvernya.

Eurocopter Tiger memiliki panjang 14 meter dengan tinggi 3,8 meter dan mampu terbang dengan kecepatan 290 kilometer per jam. Sementara untuk kapasitas, bisa digunakan oleh dua kru.

Harga helikopter ini di kisaran USD 41 juta.

3. Sikorsky Sea Hawk
Sikorsky Sea Hawk

Sea Hawk dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut AS untuk helikopter perang maritim. Sea Hawk bermesin turboshaft ganda yang mampu terbang dengan kecepatan 270 kilometer per jam.

Helikopter ini digunakan untuk berperang, melakukan pencarian dan penyelamatan, serta membawa peralatan yang dibutuhkan Angkatan Laut saat melakukan misi.

Sea Hawk memiliki keunggulan sebagai senjata anti-kapal perang seperti torpedo seri Mk, rudal AGM-114 Hellfire dan senapan mesin M60.

Helikopter ini memiliki kapasitas lima penumpang dalam kabin dan kru berjumlah sampai empat orang. Sementara dimensi panjangnya sekitar 19,7 meter dengan tinggi 5,2 meter.

Harga helikopter ini di kisaran USD 43 juta.

4. NH-90
NH-90

Helikopter militer ini adalah produk dari usaha patungan beberapa perusahaan penerbangan di Eropa, yakni Prancis, Jerman, Italia, dan Belanda. Tujuan mereka adalah untuk memberikan NATO helikopter dengan fungsi yang efisien di lingkungan maritim.

Kali pertama digunakan pada 2007 dengan teknologi teknologi 'fly-by-wire' atau kontrol full elektronik, berbeda dengan helikopter sejenisnya. Saat ini ada dua varian utama yang melayani militer di 13 negara.

Helikopter ini dikembangkan oleh NG Industri dan hanya bisa diterbangkan oleh pilot khusus untuk beroperasi dalam segala kondisi cuaca, baik siang atau malam.\

NH-90 memiliki panjang sekitar 16 meter dengan tinggi 5,2 meter. Dalam menjalankan misi, helikopter ini mampu membawa sekitar 20 orang. Untuk kecepatan, helikopter ini mampu melaju 300 kilometer per jam.

Harga helikopter ada di kisaran 50 juta dollar AS.

5. Boeing V22 Osprey 
Boeing V22 Osprey

V-22 Osprey telah ditempatkan di militer AS sejak 2007, dioperasikan terutama oleh Korps Marinir AS. Melalui desainnya, helikopter ini mampu lepas dan mendarat secara cepat dalam kondisi vertikal. Osprey menjadi terkenal karena biaya untuk program ini sangat mahal.

Tuntutan taktis oleh pejabat militer untuk helikopter, seperti mengharuskan sayap pesawat melipat agar sesuai dengan kapal angkatan laut. Rumitnya pengembangan dan kemampuannya menjadikan harga helikopter ini ditaksir sekitar USD 70 juta.

6. Sikorsky CH-53K King Stallion
Sikorsky CH-53K King Stallion

Stallion Sikorsky/Lockheed King Stallion merupakan helikopter kelas berat yang baru milik militer Amerika Serikat. Tercatat, ini merupakan helikopter termahal yang pernah dibuat dengan harga USD 95 juta.

Helikopter ini masih dalam pengembangan untuk menggantikan helikopter Stallion yang lebih tua. Nantinya helikopter ini akan membawa pengangkutan material perang dalam skala besar dengan efisiensi yang lebih cepat.

Helikopter militer ini sedang dalam pengembangan untuk menggantikan Stallion  yang lebih tua. CH-53K membawa pengangkutan material perang ke tingkat skala dan efisiensi baru.

Dengan panjang sekitar 30 meter dan tinggi 9 meter, helikopter ini dibekali dengan dua kargo samping yang besar dan semuanya dilapisi baja lengkap.

Untuk tenaga, helikopter ini menggunakan dua mesin General Electric T408 yang masing-masing 7.500 tenaga kuda, mendorong monster ini ke kecepatan maksimum 170 knot atau 315 kilometer per jam. Prototipe telah dimiliki oleh Marinir AS semenjak 2014.

Resources
  • Kompas
    https://internasional.kompas.com/read/2019/05/08/10481851/6-helikopter-militer-termahal-yang-pernah-dibuat?page=all