Thursday, October 18, 2018

Pilot AS Tewas dalam Kecelakaan Su-27 di Ukraina

Sukhoi Su-27UB Ukraina

Pilot dari Air National Guard Amerika Serikat tewas pada Selasa ketika jet tempur Sukhoi Su-27UB Ukraina jatuh di Ukraina barat-tengah, menurut laporan Staf Umum Ukraina.

Sebuah pesawat tempur Su-27UB Ukraina dengan dua pilot jatuh saat latihan pada hari Selasa.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 5:00 waktu setempat pada 16 Oktober 2018, dekat desa Ulaniv, yang terletak sekitar 185 mil barat daya ibukota Ukraina, Kyiv.

Dilaporkan juga bahwa pilot dan co-pilot telah tewas setelah jet tempur Su-27UB (70 Blue) jatuh selama penerbangan pelatihan Clear Sky 18 di barat-tengah Ukraina.

Menurut Staf Umum Ukraina, mayat dua pilot ditemukan: satu pilot berasal dari Angkatan Udara Ukraina, yang kedua - pilot Air National Guard AS.

"Kami menyesal untuk menginformasikan bahwa menurut tim penyelamat, mayat dua pilot telah ditemukan: satu adalah prajurit Angkatan Udara Ukraina, yang lain adalah anggota Air National Guard AS," katanya.

Petugas urusan publik Angkatan Udara AS mengatakan: "Kami mengetahui adanya pesawat tempur Su-27UB Ukraina yang jatuh di wilayah Vinnytsia sekitar pukul 5 sore waktu setempat saat Clear Sky 2018 hari ini."

“Kami juga telah melihat laporan yang mengklaim korban AS dan saat ini sedang menyelidiki dan bekerja untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Kami akan memberikan lebih banyak informasi segera setelah tersedia. ”

Kemudian, Angkatan Udara AS di Eropa (USAFE) telah mengonfirmasi bahwa seorang anggota layanan AS benar menjadi korban dalam insiden itu, tetapi tidak membuat pengumuman resmi mengenai status mereka. USAFE juga mengatakan bahwa kecelakaan sudah diselidiki.

Jet Su-27UB mengambil bagian dalam Clear Sky 2018, latihan militer bersama dengan anggota NATO yang berlangsung 8 hingga 19 Oktober di Ukraina Barat.

Clear Sky 2018 adalah latihan bersama dan multinasional yang melibatkan sekitar 950 personel dari sembilan negara, termasuk Belgia, Denmark, Estonia, Belanda, Polandia, Rumania, Ukraina, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pelatihan Clear Sky 18 dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat interoperabilitas Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina dengan Angkatan Udara AS dan NATO, menyusun manajemen operasi gabungan yang efektif di udara, menyusun pembagian intelijen dan kemampuan pengawasan, serta pertahanan maya berfokus pada kebutuhan pasukan udara. (fr)