Saturday, September 22, 2018

Senapan Runduk SPR Pindad Jawab Kebutuhan TNI

Senapan SPR 2 Pindad

PT Pindad (Persero) terus berinovasi untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan menjawab kebutuhan pengguna senjata yang semakin meningkat. Salah satunya SPR.

Sejak berdiri tahun 1983, Pindad memproduksi berbagai jenis senjata, mulai dari senjata laras panjang, senjata genggam, hingga pistol. Berbagai senjata tersebut, setiap saat terus mengalami peningkatan, baik dari sisi kualitas maupun jenis. Hal ini untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang terus tumbuh dan meningkatnya kebutuhan pengguna senjata.

Hal itulah yang membuat Pindad selalu melakukan penelitian dan pengembangan. Berbagai teknologi dipelajari. Masukan dari pengguna produk pun menjadi informasi penting agar pengembangan produk yag dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Seperti Senapan Penembak Runduk (SPR). Senapan ini kembali mengalami peningkatan dari sisi teknologi, khususnya pada bidikan teleskop dan perakitan modern. Dengan teknologi ini, senjata bisa menembak lebih akurat pada jarak yang jauh lebih besar daripada senjata infanteri biasa.

Pindad juga berhasil mengembangkan beberapa varian SPR dengan spesifikasi serta fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan prajurit di medan perang. SPR Pindad dengan kaliber tertentu didesain dengan tingkat akurasi yang tinggi baik untuk personel maupun anti material. Berikut spesifikasi SPR 2, 3, 4:

SPR 2

Senapan SPR 2 Pindad

Dalam pertempuran, misi seorang penembak runduk tidak hanya berupa sasaran personel, tetapi juga berupa rantis (kendaraan taktis) atau bahkan ranpur (kendaraan tempur). Senapan anti material didesain untuk menjebol lapisan baja dan dinding dari jarak jauh. Karenanya penembak memerlukan senjata khusus dengan kaliber berat.

SPR 2 kaliber 12,7 mm adalah senapan anti material yang memiliki presisi tinggi dan memiliki jangkauan hingga 2 km. Keistimewaan SPR 2 terletak pada jangkauan, ketepatan, dan dapat dilengkapi silencer atau peredam suara hentakan dari tembakan. Dengan munisi khusus, tembakan dari senapan ini mampu menembus lapisan baja dan menghasilkan efek ledak.

SPR 3

Senapan SPR 3 Pindad

SPR 3 adalah senapan penembak runduk kaliber 7,62 mm yang dirancang untuk memberikan jaminan akurasi, kemudahan pemeliharaan, keandalan, dan daya tahan tinggi. Mekanisme kerja bolt action dengan penglihatan optik dan malt baffle muzzle brake untuk mengurangi hentakan. Kelebihan lainnya, SPR 3 dapat menggunakan peluru subsonik yang memiliki kemampuan peredaman.

SPR 4

Senapan SPR 4 Pindad

SPR 4 memiliki kaliber 388 (8,6 mm). SPR 4 merupakan senapan penembak runduk varian terbaru yang diresmikan bersamaan dengan peletakan batu pertama perluasan Pabrik MKK di Divisi Munisi, Turen, Malang. Senapan ini lahir untuk memenuhi kebutuhan operasional prajurit TNI yang memerlukan senapan dengan daya tembak sejauh 1.5 km. Kehadiran varian terbaru sniper ini telah melengkapi jajaran senapan penembak runduk sebelumnya yang telah dikembangkan PT Pindad yaitu SPR 3 dan SPR 2.

Infografik senapan SPR Pindad

Resources
  • Pindad