[Video] Heli CH-47 Chinook Lakukan Pendaratan Mengagumkan untuk Selamatkan Pendaki

Sunday, July 15, 2018
Beroperasi di ketinggian tinggi dan kondisi suhu tinggi, kru CH-47 melakukan pendaratan berbahaya untuk menyelamatkan pendaki dan tim penyelamat.

Heli Chinook melakukan penyelamatan

Mount Hood di Portland, Oregon, Amerika Serikat termasuk salah satu gunung terindah di dunia. Keindahan dan kemudahan aksesnya telah menarik banyak pendaki dan petualang, alhasil tak jarang juga yang membutuhkan penyelamatan.

Ketika tim penyelamat setempat tidak mampu menyelesaikan tugas SAR-nya, helikopter Chinook didatangkan untuk melanjutkan operasi SAR. Kejadian ini terjadi pada 13 Juli ketika sebuah helikopter CH-47 Chinook dari Oregon Army National Guard dipanggil untuk mengekstraksi pendaki yang ingin bunuh diri dan tim penyelamat dari Mount Hood.

Semua dimulai dengan sebuah panggilan ke polisi dari seorang pendaki di puncak Mount Hood yang mengatakan bahwa dia akan memakan obat hingga overdosis. Polisi menelpon balik tetapi tidak ada jawaban. Akhirnya, operasi SAR pun dilakukan oleh tim penyelamat setempat.

Orang itu ditemukan di puncak Mount Hood di ketinggian 11.250 kaki oleh tim penyelamat yang berjumlah enam orang, tetapi kondisi panas membuatnya tidak aman bagi tim untuk menurunkannya. Lalu dipanggillah helikopter CH-47D Chinook dari Pendelton Oregon untuk menjalankan operasi ekstraksi.

Untuk misi penyelamatan di atas ketinggian 8.000 kaki, dan terutama dalam kondisi hangat, Oregon Army National Guard lebih memilih menggunakan Chinook daripada Black Hawk, salah satu alasan mengapa Chinook begitu disukai untuk beroperasi di daerah pegunungan Afghanistan.

Pilot Chinook tampak telah mencoba mendarat pada sebuah tonjolan kecil di puncak tetapi kemudian pindah ke lokasi lain. Mungkin pilot menilai itu bukan rute terbaik untuk ekstraksi, tapi untuk pastinya kita tidak tahu mengapa pilot mengambil keputusan ini.



Helikopter besar itu melakukan 'pinnacle landing' tepat di lereng di bawah puncak gunung. Ini adalah saat dimana kru hanya mendaratkan salah satu sisi (belakang) Chinook dan tetap menyeimbangkan sisi lain (depan) yang tetap berada di udara. Ini benar-benar pekerjaan unik dan berbahaya. Karena Anda tahu baling-balingnya berputar sangat dekat di lereng.

Manuver pendaratan semacam ini telah digunakan selama beberapa dekade oleh kru Chinook, dan di Afghanistan dan dalam operasi khusus di seluruh dunia ini menjadi taktik yang sangat berguna dan bahkan menjadi penyelamat.

Di bawah ini adalah video heli UH-60M Black Hawk yang jatuh karena melakukan misi serupa.


Pria yang diselamatkan, yang jelas tidak memiliki rencana untuk turun atau mungkin rencana untuk hidup terlihat duduk sebelum dimuat ke ambulans dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Sungguh mengesankan melihat kru Chinook dan enam pendaki penyelamat bersedia mempertaruhkan hidup mereka untuk seseorang yang tidak menghargai nyawanya sendiri. Itulah profesionalisme....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment