Friday, July 06, 2018

Robot Cheetah 3 MIT Sudah Mampu Melompat ke Meja

Robot Cheetah 3 melompat ke meja

Berbagai robot buatan Boston Dynamic Amerika Serikat telah memiliki serangkaian "kekuatan super". Seperti robot Atlas yang dapat melakukan backflip dan robot SpotMini yang dapat membuka pintu dan melawan penyusup.

Tapi mereka bukanlah satu-satunya. Robot Cheetah MIT, yang telah menunjukkan kemampuannya untuk melompati rintangan, sekarang telah mampu melompat dari lantai ke atas meja, dan bernavigasi dalam keadaan "buta".


Demonstrasi terbaru dari model Cheetah 3 menunjukkan beberapa perbaikan dari versi sebelumnya. Pertama adalah kemampuan Cheetah 3 untuk bernavigasi sementara secara efektif buta. Alih-alih mengandalkan input visual dari kamera atau jenis sistem sensor lainnya, Cheetah 3 didesain untuk dapat merasakan lingkungan sekitar, yang dapat secara unik cocok untuk melintasi ruang gelap yang tidak dapat diprediksi.

Selain itu, seperti saudara-saudara Boston Dynamic-nya, Cheetah 3 telah "diajarkan" bagaimana cara bertahan dari dorongan atau tarikan agar tidak jatuh.

Tapi mungkin yang paling mengesankan adalah kemampuannya melompat. Ketika mendarat di atas meja, posisi tubuh dan kaki Cheetah 3 tetap stabil, sama sekali tidak menunjukkan adanya ketidakseimbangan. Padahal meja lebih tinggi dari tubuhnya, dan untuk melakukannya membutuhkan sedikit input visual.

Semua kemampuan ini bersandar pada algoritma yang menarik informasi dari kaki Cheetah 20 kali setiap detik untuk membantunya memprediksi apa yang akan terjadi padanya, dan cara terbaik untuk menangkal kekuatan yang tak terduga.

Resources
  • http://news.mit.edu/2018/blind-cheetah-robot-climb-stairs-obstacles-disaster-zones-0705