Wednesday, July 04, 2018

Lihat Su-22 Fitter Polandia Ini Buka Drag Chute Sebelum Sentuh Landasan

Su-22 Polandia buka drag chute sebelum waktunya

Jarang terjadi: pelepasan drag chute sebelum waktunya.

Sabtu lalu sebuah insiden yang tidak biasa terjadi di Pangkalan Udara 17 Angkatan Udara Polandia di Świdwin, selama open day pangkalan udara. Jet tempur Su-22 Fitter bersiap mendarat, dan pilot membuka drag chute sebelum waktunya, menyebabkan pesawat menghantam landasan dengan sangat keras.

Sebuah pemandangan yang tidak lazim ketika melihat sebuah jet dengan parasut di belakangnya padahal masih berada di udara. Tapi kejadian ini memberikan tontonan menarik bagi fotografer dan penonton.


Penggunaan drag (atau drogue) chute (atau parachute) cukup umum pada jet-jet buatan Soviet. Sistem parasut ini terdiri dari satu atau beberapa parasut yang ditempatkan di pod khusus yang terletak di bagian belakang badan pesawat. Parasut besar dikeluarkan dengan menggunakan parasut yang lebih kecil, pegas, atau sistem udara terkompresi berbasis pegas.

Drag chute sering dilengkapi dengan sistem keamanan, dengan cincin yang bisa pecah jika parasut itu dibuka pada kecepatan yang terlalu tinggi. Dalam kasus di atas mungkin kecepatannya masih cukup rendah sehingga elemen tersebut tetap utuh dan parasut tetap berada di tempatnya.

Sebagai informasi, hambatan yang diciptakan oleh drag chute lebih rendah dari drop chute konvensional. Ini untuk mencegah kerusakan pada pesawat.

Entah karena kesalahan atau kesengajaan, kejadian dalam video merupakan salah satu teknik pendaratan di landasan yang rusak: parasut dibuka saat pesawat di ketinggian sekitar 7 kaki dari landasan dan pesawat setidaknya hanya akan membutuhkan jarak 350 meter untuk berhenti.