Jepang Temukan Tiga Kapal Selam Era PD II Utuh di Dasar Laut

Wednesday, July 04, 2018
Kapal selam Inggris selama Perang Dunia II
(Ilustrasi) Kapal selam Inggris selama Perang Dunia II
Tiga kapal selam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, termasuk kapal selam U-Boat yang diberikan oleh Nazi Jerman, ditemukan dengan kondisi utuh di dasar laut Jepang, dekat dengan Prefektur Kyoto, kata para peneliti Selasa (3/7/2018).

Para peneliti yang dipimpin oleh Prof. Tamaki Ura dari Kyushu Institute of Technology telah mengidentifikasi nama-nama kapal selam yang ditenggelamkan oleh pasukan yang dipimpin AS selama Perang Dunia II pada tahun 1946.

Kapal U-Boat ditemukan di dasar laut pada kedalaman 90 meter di Teluk Wakasa akhir bulan lalu. Dua kapal selam lainnya, yang dibangun di Jepang, terlihat di dekatnya.

"Kapal selam RO-68 buatan 1924, I-121 buatan 1927, dan U-boat yang diberikan Jerman kepada Jepang pada 1943 terbaring di dasar laut sedalam 90 meter Teluk Wakasa," kata Prof. Tamaki Ura, seperti dilansir kantor berita Kyodo.

Kapal selam U-Boat (U-511) sepanjang 77 meter itu diterima Jepang setelah melakukan perjalanan 90 hari dari Jerman melalui Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika pada tahun 1943.

U-boat digunakan di Jepang untuk melatih dan mempelajari teknologi kapal selam. Itu ditenggelamkan oleh militer AS pada akhir April 1946 setelah perang berakhir pada Agustus 1945.

Tim mulai mencari di daerah sejak Juni dengan menggunakan sonar dari kapal selam tak berawak untuk mencari bangkai kapal selam tersebut.

Ketiga bangkai kapal selam tersebut sebagian besar masih utuh dalam bentuk aslinya sehingga mempermudah para peneliti untuk mengidentifikasinya dari bentuk dan ukurannya.

Resources
  • https://japantoday.com/category/national/3-subs-of-wwii-japanese-navy-found-almost-intact-in-sea-of-japan
  • https://jen.jiji.com/jc/i?g=eco&k=2018070301046

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment