Monday, July 16, 2018

India Kembali Uji Rudal Supersonik BrahMos

Rudal BrahMos

India menguji tembak rudal supersonik BrahMos dalam kondisi ekstrem pada Senin (16/7/2018). Tes untuk memvalidasi "perpanjangan umur" senjata itu diklaim berhasil.

Uji coba dilakukan oleh BrahMos Aerospace bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India pukul 10.30 pagi waktu setempat dari Rentang Uji Terpadu (ITR) Balasore untuk memvalidasi teknologi "perpanjangan umur" rudal.

Umur penggunaan rudal BrahMos akan diperpanjang dari sepuluh tahun menjadi 15 tahun. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai teknis perpanjangan usia BrahMos.

Rudal BrahMos memiliki jangkauan hingga 290 km dengan kecepatan supersonik sepanjang penerbangan. Rudal milik India ini diklaim tidak dapat diintersep oleh sistem pertahanan rudal yang ada di dunia saat ini. Rudal itu bisa melesat dengan kecepatan hingga Mach 3.0, atau tiga kali kecepatan suara.

Mengutip laporan India Today, daya destruktif rudal itu meningkat karena energi kinetik yang besar pada benturan. Ketinggian jelajahnya kini bisa hingga 15km dan ketinggian terminal serendah 10 meter. BrahMos bisa membawa hulu ledak konvensional dengan berat 200kg hingga 300kg.

Rudal BrahMos telah resmi masuk layanan Angkatan Darat dan Angkatan Laut India. Senjata ini akan segera menjadi bagian dari rudal jet tempur Angkatan Udara Sukhoi 30 MKI.

Resources
  • https://international.sindonews.com/read/1322216/40/india-tes-rudal-supersonik-brahmos-dalam-kondisi-ekstrem-1531731474