Monday, April 30, 2018

Welbike, Motor Mini Tentara Inggris Dalam Perang Dunia II

Welbike

Bahasan tentang Perang Dunia II tidak ada habisnya. Pertempuran, senjata, dan berbagai kisah unik lainnya seolah terus terlahir untuk dikisahkan.Yang dibahas kali ini adalah salah satu motor terkecil dalam Perang Dunia II yang digunakan oleh tentara Inggris.

Selama Perang Dunia II, motor adalah salah satu kendaraan perang yang banyak digunakan oleh banyak negara. Hal ini karena negara yang berperang dituntut memiliki pasukan cepat dengan mobilitas tinggi. Termasuk negara sekutu seperti Inggris yang terlibat di Perang Dunia II.

Karena punya mobilitas tinggi, para pasukan cepat itu harus disenjatai dengan kendaraan khusus pula. Maka dibuatkanlah sebuah motor perang berukuran mini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namanya Welbike.

Welbike

Welbike adalah motor buatan Inggris yang digunakan pasukan Special Operations Executive (SOE) tentara rahasia Winston Churchill. Mereka punya tugas sebagai spionase dan sabotase.

Karena tugasnya dituntut memiliki mobilitas tinggi, Welbike dipercaya menjadi motor terkecil dengan kapasitas mesin 98 cc, two stroke, dengan gearbox single speed. Berat Welbike sendiri 32 kilogram dengan kapasitas bahan bakar 3,7 liter.

Menurut catatan sejarah, motor ini dibangun pada sekitar tahun 1942 dan 1943 dengan jumlah produksi mencapai 3.641 unit.

Welbike

Welbike

Banyak dari motor ini yang berhasil selamat dari Perang Dunia II sehingga banyak kolektor Eropa yang mengoleksi motor mini ini.

Tidak hanya Inggris, selama Perang Dunia II orang Italia, Jerman dan Amerika juga mengembangkan sepeda motor kecil untuk pasukan mereka.

Article Resources
  • https://motorplus.gridoto.com/read/04242802/siapa-sangka-ini-motor-terkecil-di-perang-dunia-ke-2-tunggangan-tentara-rahasia-inggris?page=all#!%2F
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Welbike