Saturday, April 07, 2018

Selamat Jalan Victor Kalashnikov


Victor Kalashnikov, putra dari Mikhail Kalashnikov, telah meninggal dunia pada 27 Maret 2018 lalu di usianya yang ke 75 tahun. Seperti halnya ayahnya, ia juga seorang desainer senjata api dan bekerja di Izhevsk selama bertahun-tahun. Ia dimakamkan di pemakaman lokal di Izhevsk, Rusia.


Kalashnikov Media (Калашников Media) menerbitkan sebuah artikel yang mengisahkan tentang senjata-senjata api terbaik yang dirancang oleh Victor Kalashnikov selama kariernya. Mari kita lihat senjata-senjatanya.

PP-19 Bizon Submachine Gun



Salah satu senjata api paling terkenal yang dirancang oleh Victor Kalashnikov adalah PP-19 Bizon SMG. Blowback operated SMG ini didesain pada awal 90-an. Dapat dengan mudah dikenali dari helical magazinnya. Menggunakan amunisi 9x18 mm Makarov atau 9x19 mm Luger dan dengan kapasitas magazine 53 atau 64 putaran masing-masing.

Vityaz Submachine Gun


Desain Victor Kalashnikov yang ikonik lainnya adalah SMG Vityaz yang dibuat berdasarkan SMG Bizon. Vityaz adalah senapan mesin ringan yang bergaya AK namun disederhanakan dengan amunisi 9x19 mm. Senapan ini terbukti sangat andal dan banyak digunakan dalam operasi khusus.

PU-21 Belt-fed Light Machinegun


Pada awal 70-an, Uni Soviet meluncukan proyek yang sibut "Poplin". Idenya adalah untuk mengembangkan sebuah LMG (Light Machinegun) yang berdasarkan RPK -74 yang memungkinkan juga untuk dilengkapi dengan magazin standar. Seiring tahap perkembangannya, ada banyak versi dari LMG ini. Iterasi terakhir dari LMG ini disebut PU-21.

AKB and AKB-1 (“Abakan” Project)


Victor Kalashnikov juga ambil bagian dalam Abakan Project (proyek untuk mengganti AK-74) dengan dua desain senjata api. Keduanya adalah senapan balanced action. Salah satunya disebut AKB dan menggunakan laras sebagai bagian penyeimbang. AKB-1 memiliki laras tetap dan mekanisme penyeimbangan yang berbeda.

Selamat jalan Victor Kalashnikov.

Article Resources
  • http://www.thefirearmblog.com/blog/2018/04/06/rest-in-peace-victor-kalashnikov/