Friday, March 07, 2014

AS Sebarkan 12 Jet Tempur F-16 ke Polandia di Tengah Krisis Crimea

Sebuah skadron F-16 Angkatan Udara AS dari pangkalan udara Aviano, Italia, akan disebarkan ke Polandia di tengah krisis Ukraina.

F-16 Angkatan Udara AS

Dua belas pesawat tempur F-16 dan 300 militer AS akan dikerahkan minggu depan menuju pangkalan udara Lask di Polandia Tengah, untuk latihan gabungan dengan Angkatan Udara Polandia.

Menurut menteri pertahanan Polandia, Tomasz Siemoniak, latihan awalnya dijadwalkan hanya pada skala kecil, namun kini ditingkatkan setelah krisis di perbatasan timur Polandia.

F-16 AS disebarkan secara rutin ke Polandia. Pada Mei 2013, enam F-16 dan 150 militer dari Skadron Wisconsin Air National Guard 176 Tactical Fighterd dari pangkalan udara Truax dikerahkan menuju pangkalan udara Lask untuk latihan integrasi dan interopabilitas dengan F-16, Su-22 dan MiG-29 Polandia.

Sementara itu, enam F-15 dari Angkatan Udara Inggris memperkuat detasemen AS di Siauliai di Lithuania, dimana disana jet tempur AS melakukan tugas kepolisian udara di wilayah Baltik.

Tampaknya ini merupakan penyebaran kekuatan AS secara simbolis dalam menanggapi krisis Ukraina-Rusia, bila krisis tidak mereda Washington tampaknya akan melakukan lebih jauh lagi. (U.S. Air Force)