China: J-31 Khusus untuk Diekspor

Thursday, September 26, 2013
J-31

J-31, prototipe kedua pesawat tempur "siluman" generasi kelima China, yang dirancang oleh Shenyang Aircraft Corporation China, cuma akan diproduksi untuk pasar ekspor, bukan untuk dipakai Angkatan Udara atau Angkatan Laut China, laman People's Daily mengutip pernyataan Laksamana Zhang Zhaozhong dari Angkatan Laut China.

Hal ini berbeda dengan pemberitaan-pemberitaan (termasuk disini) yang menyebutkan bahwa J-31 dipotensikan China untuk menjadi pesawat tempur siluman masa depan yang berbasis kapal induk bagi Angkatan Laut China.

Zhang menegaskan bahwa J-31 tidak akan menjadi pesawat berbasis kapal induk China. Berbeda dengan prototipe pesawat tempur generasi kelima China pertama "J-20" yang dirancang oleh Chengdu Aircraft Industry Group, program pengembangan J-31 tidak pernah ditujukan untuk militer China, kata Zhang.

Seperti halnya pesawat tempur multiperan FC-1/JF-17 Xiaolong (JF-17 Thunder) yang dirancang bersama oleh China dan Pakistan, J-31 juga akan menjadi model pesawat tempur yang akan diekspor China ke sekutu dan mitra strategisnya, yang meliputi negara-negara seperti Korea Utara dan Iran. Melihat pernyataan Laksamana Zhang, artinya pesawat tempur China yang bakal beroperasi dengan kapal induk hanyalah J-15.

Pesawat-pesawat tempur buatan China menjadi alternatif yang lebih murah bagi negara-negara berkembang ketimbang memilih pesawat tempur AS, bahkan menjadi alternatif bagi negara yang mampu membeli peralatan militer dari Amerika Serikat sekalipun.

Model J-31 pertama ditampilkan saat Pameran Zhuhai Air Show di Provinsi Guangdong November lalu, di mana disana pesawat ini digambarkan sebagai pesawat tempur yang akan membuka "keran" ekspor luar negeri China. Saat itu, model J-31 itu disebut oleh Aviation Industry Corporation of China (AVIC) sebagai "Advanced Fighter Concept". Kemudian model ini ditampilkan kembali pada pembukaan Pameran Dirgantara Internasional Beijing dengan nama baru "China Concept Fighter." Namun seorang sumber dari AVIC mengatakan kepada People's Daily bahwa "China Concept Fighter" bukanlah J-31. Prototipe J-31 sendiri pertama kali terbang pada 31 Oktober 2012.

[Foto:Foreign Policy]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

19 comments:

Banas patie said...

apa indonesia minat dengan j-31..
Beli 5 gratis 2..
Hehehehe
awas jgn sampai tertipu dengan te ote china.. Suatu saat bisa jd musuh

Anonymous said...

indonesia mah masi milih hibah dari pada beli.......................

Anonymous said...

setuju sama yg diatas, china itu musuh potensial kita di masa depan

Anonymous said...

so tau aje lo emang loe paranormal

Anonymous said...

lo bodoh ya..sudah negara dirampok amerika saja ga sadar. emas di papua ber-ton ton pindah ke amerika tapi negara ini cuman dikasih F16 bekas. jangan2 lo itu antek2 CIA ya?

Anonymous said...

Amin om Banas patie, ramalan kita akan gesekan dengan cokin gara gara LCS.
Minimal sudah 2 kali insiden kapal patroli kita di jamming dan di ancam (dgn senjata yg lebih canggih) oleh kapal pengawas pantai mereka krn nangkep nelayan mereka yg masuk di ZEE kita.

Anonymous said...

ano 9:35...
Prediksi aja bro.
China itu musuh asa depan bersma ameriki..


Ano 10:25
ente jg bodoh cung,,kalau ente tau negeri kt di rammpok kenapa ente die aja..??
Lo sbgai warga udah kasih apa n berbuat apa???
Ente yg sudah tau aja diem tak bisa buat apa".. Hanya ulut kotor mu yg bisa di ucapkan tnpa berpikir..

Anonymous said...

bung ano 1:48

vietnam dan china sudah sering bermasalah dengan kelautan kita ,,bukan sekali dua kali..sperti kemaren bulan maret,,kapal patroli kt kena jamming padahal dlm keadaan damai , hammpir di setiap krjasama ada semmua..sammpai tukar perwira..
lcs pasti merambat, ke natuna.. Apalagi di natuna ada 1,5ribu juta barel minyak yg belumm di expose.. ..

Anonymous said...

Sama aja mas. Emas di papua milik orang papua bukan milik orang jawa. Sama aja rampok kalau elu ngambil emas d papua

bolejugadotcom said...

Industri Militer semakin bersaing aja

Anonymous said...

Jgn beli brg dr china, kualitasnya psti abal2..kyk hp cina, ato motor cina..

Anonymous said...

ano2:07
gk usah bawa rasis segala,,
emas di papua punya negara...sDA di nKrI semua milik nKrI,,
emang di papua ada tepat pengelolaan emas mnjdikanya emmas batangan..???
Gk salah thu emas d bw ke jawa?
Bkan di bw ameriki..???

Anonymous said...

Sirik tanda tak mampu lu semua. Dasar indon bangsa bodoh.

dewa brahma said...

Haddeeeehhh... orang dr negri tolol komen... malon lu ya?

Kian Santang said...

Ini sih sudah pasti orang dari negeri malingsial sebelah siapa lagi???

Odjan Affelay said...

Huussssstttttt..
Tenang aj semua.y negara kita sudah maju dn cuma org yg lahir.y ga normal yg bilang indonesia bodoh..
Maju terus indonesiaku.

Anonymous said...

AWET GAK GAN?

Anonymous said...

ini tuh pesawat siluman yang handal pentagon aja mengakui itu, kenapa karna china telah mencuri data pembuatan F-35 lewat spionase cyber baca disini cm.jpnn.com/news.php?id=221979 china memang udah terkenal di dunia dalam urusan contek mencontek tekhnologi. makanya ga ada salah nya kita beli pesawat tempur china ini harga nya 2x lebih murah dari f-35 tapi kecepetan terbang nya sama 2 mach.

Anonymous said...

apalagi bermesin ganda,,hasil produksi rusia,,,salut buat cina,,cina emang dikenal produksi barang murah dan tidak berkualitas,,beda kalau untuk kepentingan militer mereka sendiri..yang versi ekspor cina tekenal rendah bgt kualitasnya,,kayak roket c705 dipake hizbullah aja mengantam kapal patroli israel gak tenggelam,,,BTE nich j31 mau diakuisisi malon

Post a Comment