Rusia Tampilkan Sistem Pertahanan Udara S-350 di MAKS 2013

Wednesday, August 28, 2013
Pada pameran kedirgantaraan MAKS 2013 yang berlangsung di Moskow, perusahaan pertahanan Rusia Almaz-Antey untuk pertama kalinya menampilkan sistem pertahanan udara jarak menengah baru "S-350E" kepada publik.

Sistem Pertahanan Udara S-350E "Vityaz"
Sistem Pertahanan Udara S-350E "Vityaz" (Foto: Bill Sweetman/aviationweek.com)
Sistem rudal baru S-350E ini dirancang untuk melindungi objek terhadap serangan besar-besaran dari udara termasuk alutsista musuh yang berteknologi siluman, serta rudal balistik taktis dan operasional taktis, baik untuk masa sekarang maupun di masa mendatang.

Sebelumnya Almaz-Antey memang berjanji akan menghadirkan sebuah sistem pertahanan udara jarak menengah baru, lalu muncullah S-350E yang juga dikenal sebagai Vityaz (Ksatria). Sistem rudal S-350E ini sebelumnya juga ditampilkan di hadapan Presiden Rusia Vladimir Putin saat kunjungannya ke pabrik Obukhov di St Petersburg, Rusia beberapa waktu lalu.

Dari informasi yang diperoleh, kinerja S-350E diklaim jauh lebih unggul dari sistem pertahanan udara S-300. Negara-negara mitra Rusia juga disarankan untuk mengganti sistem S-300-nya karena sistem itu masih menggunakan teknologi usang jaman Uni Soviet.

Peluncur vertikal 50P6E TEL dari sistem S-350E yang terkombinasi dengan radar multi fungsi dengan tampilan melingkar menjadikan sistem rudal ini efektif untuk mengatasi serangan dari segala arah. Inilah yang membuatnya berbeda dari sistem-sistem rudal pesaingnya yang peluncurnya cenderung condong (seperti sistem pertahanan udara Patriot buatan AS). Karena desain barunya dan penggunaan rudal canggih 9M96, jumlah amunisi juga meningkat secara dramatis yaitu satu peluncur terdiri dari 12 rudal, bukan 4.

Faktor kunci yang menjadi penentu efektivitas sistem rudal baru ini adalah kemampuannya untuk secara bersamaan (dalam satu waktu) mengatasi serangan pesawat dari berbagai tipe, dari segala arah, di semua ketinggian penerbangan, di semua kondisi cuaca, siang atau malam, dan dalam kondisi padat sinyal. Semua ini karena penggunaan alat informasi fundamental baru yaitu radar multifungsinya. Fitur ini baru kali ini digunakan dalan sistem pertahanan udara Rusia.

Selain itu, S-350E memiliki mobilitas dan daya tahan yang tinggi. Hanya dibutuhkan waktu lima menit saja untuk menjadikan sistem ini dalam status waspada.

Pameran kedirgantaraan MAKS merupakan momen penting bagi bisnis Rusia. Awalnya hanya sebagai acara hiburan belaka, namun kemudian berubah menjadi pasar di mana produsen-produsen pertahanan Rusia mencari pembeli. Pameran ini menjadi penting bagi negara-negara CIS dan tetangga, karena kesamaan pasar. Sejak pameran pertama pada 1992, selanjutnya MAKS selalu diadakan pada tahun-tahun ganjil hingga saat ini. MAKS 2013 sendiri berlangsung dari tanggal 27 Agustus 2013 hingga 1 September 2013 dan dibuka untuk umum mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2013.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 comments:

Anonymous said...

format baru...mantap

Anonymous said...

indonesia harus mempunyai rudal S 350 ini....biar tetangga sebelah ga bisa tidur...wkwkwkwk

Anonymous said...

indonesia wajib punya nie......s350E biar gak dianggap sebelah mata lagi.....!!!!

Anonymous said...

bentuknya nggak kalah serem dr s300 tp lihat dr penampilannya bener2 kelihatan modern kecil tp mematikan

Anonymous said...

Ini sih buat musuh yg sering iseng keringatan kalo melintas di sekitar wilayah udara Indonesia terutama yang lagi bangun pangkalan di Pulau Cocos itu

Anonymous said...

ini yg mesti dibeli, biar negara2 tetangga gak macam2

Anonymous said...

Beli2 neh.. Wajib!! trus kasih ditiap perbatasan ngahahahaa.. Biar pesawat asing ga slonong boy..

Anonymous said...

Untung blm beli S300 ya..bungkus pak menhan..

Anonymous said...

BELI YA CEPETAN BELI,,ATAU BIKIN SENDIRI

Koesnadi Yacob said...

Indonesia punya pertahanan.....Apa yaa..?? Negeri yg Luas..Lautnya juga sangat Luas....Namun masih lemah dari sisi Penjagaan Garis Batas Negaranya....Mereka sibuk Ngurusin Korupsi..melulu....!!?? Kapan mau mengurus pertahanan dari Udara..??

Anonymous said...

Indonesia wajib mempunyai Rudal S 350 Buat menjaga Kedaulatan NKRI
Dan Rusia sdh memberi kesempatan
Agar Indonesia mempunyai S 350 jgn
Sia2 kan Kesempatan ini Segeralah Miliki S350

ARIF RAKHMAN HAKIM said...

semoga indonesia bisa...

adhy84 said...

Beli aja trus pasang di kupang biar pesawat ausie tidak berani nunjukin moncongnya lagi

adhy84 said...

Semoga Dephan borong S350 buat dipasang di kupang, biar mongcong pesawat ausie gak berani lagi nongol di radar buraen kupang

Anonymous said...

admin salah, s-300 juga mampu bawa 12 rudal dalam 1 truk yang di isi 4 tabung peluncur, satu tabung nya di isi 3 rudal. vityaz juga 12 rudal dengan 6 tabung, 1 tabung nya di isi 2 rudal.

Daryanto Moersahid said...

Mr. Presiden n Mr. Menhan tolong ambil tuh kesempatan emas berupa tawaran rudal S-350 dr Rusia.
Sbg sahabat baik/dekat, pasti Rusia memberi jalur khusus.

Post a Comment