Rudal Agni VI India Dengan Jangkauan 10.000 Km

Belum selesai hiruk pikuk pujian terhadap uji penembakan rudal Intercontinental Range Ballistic Missile (ICBM) Agni-V, India kini telah bersiap-siap untuk percobaan rudal baru yaitu AGNI-VI dalam dua tahun kedepan meskipun India masih dalam tekanan dan reaksi dunia internasional.

Dikembangkan oleh DRDO (pabrikan rudal India), generasi baru ICBM AGNI-VI akan memiliki jangkauan antara 8.000 km hingga 10.000 km. Sebuah sumber terpercaya mengatakan bahwa pengerjaan gambar dan rancangan dari rudal yang dahsyat tersebut sudah dimulai.

Rudal antar benua India
Rudal AGNI-V
"Ini akan menjadi rudal three-stage dan lebih baik dari rudal AGNI-V. Desainnya cuma mengambil bentuk dan sub sistem lainnya sedang dalam pengembangan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, rudal AGNI-VI akan siap digunakan pada pertengahan 2014," kata sumber itu. Seorang ilmuwan yang ikut dalam proyek tersebut mengatakan bahwa rudal AGNI-VI tidak akan sebesar AGNI-III, generasi terbaru rudal AGNI-VI akan lebih simple dan ramping sehingga akan mudah untuk dibawa ke mana saja dan cepat digunakan bila diperlukan.

Sementara dilaporkan, panjang rudal AGNI-VI sekitar 40 meter, diameter 1,1 meter dan dengan berat 55 ton. Rudal ini jauh lebih kecil dan ringan dari rudal AGNI-V (versi AGNI terakhir). AGNI-VI digadang-gadang akan menjadi rudal yang paling canggih diantara rudal-rudal AGNI. Rudal AGNI-VI dapat diluncurkan dari kapal selam dan dari peluncur darat. Sebelumnya DRDO juga telah berhasil mengintegrasikan AGNI-V agar dapat diluncurkan dari kapal selam.
'Dengan teknologi kami, kami mampu untuk mengembangkan rudal balistik antar benua dengan jangkauan lebih dari 10.000 km'
Rudal baru India ini juga dapat membawa lebih banyak hulu ledak daripada versi sebelumnya. Sumber mengatakan, rudal AGNI-V mampu membawa tiga hulu ledak nuklir, sedangkan AGNI-VI mampu membawa sepuluh hulu ledak nuklir, yang dapat menghantam beberapa sasaran secara bersamaan. Sebelumnya saat peluncuran rudal ICBM AGNI-V, meskipun mampu mencapai target di seluruh Asia, Afrika dan Eropa kecuali Amerika, masih banyak pengamat militer yang meragukan kemampuan rudal tersebut. Nah, dengan pengembangan AGNI-VI, pasti akan menjawab semua keraguan tersebut.

Terlepas dari versi ground rudal AGNI-VI, DRDO juga telah bekerja terus menerus untuk membuat varian underground-nya. Untuk versi yang diluncurkan dari kapal selam, itu dikhususkan untuk mempersenjatai kapal selam kelas Arihant dari Angkatan Laut India. "Kami serius untuk meningkatkan jangkauan rudal strategis kami. Pengembangan AGNI-VI akan menjadi langkah positif untuk mencapai tujuan kami itu. Dengan teknologi kami, kami mampu untuk mengembangkan rudal balistik antar benua dengan jangkauan lebih dari 10.000 km," tambah ilmuwan DRDO.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...