Latest News

PT DI Serahkan 6 Helikopter Bell-412 EP ke TNI AD

Helikopter Bell 412 EP
Helikopter Bell 412 EP
PT Dirgantara Indonesia secara resmi menyerahkan enam unit helikopter angkut tipe Bell-412 EP kepada Kementerian Pertahanan yang selanjutnya diserahkan ke TNI AD di  Hanggar Rotary Wing, KP II PT DI, Jalan Pajajaran, Bandung Jumat, 15 Maret 2013.

Penyerahan helikopter Bell ini berdasarkan kontrak jual beli sebesar USD 65 juta dolar  pada 6 Maret 2012  antara Kementerian Pertahanan dengan PT DI dengan sumber dana dari Fasilitas Kredit Ekspor TA 2009.

Serah terima ini ditandatangani langsung oleh Direktur PT DI Budi Santoso, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Barahanan) Kementerian Pertahanan Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, untuk kemudian diserahkan ke Brigadir Jenderal Mochammad Afifuddin selaku pengguna.

Direktur Utama PT DI, Budi Santoso, mengatakan bahwa dengan pemberian helikopter Bell generasi baru ini diharapkan dapat membawa pengaruh besar yang positif kepada kemampuan TNI khususnya TNI AD dalam mengemban tugasnya.

Dengan kerja sama ini, kata dia, PT DI juga selalu berupaya memenuhi kebutuhan yang diminta untuk Indonesia. Disadari PT DI, kebutuhan alutsista bagi TNI akan terus meningkat. "Jadi kami selalu berupaya untuk memenuhi tuntutan yang diminta," ujarnya.

Helikopter type Bell-412 EP ini sendiri merupakan helikopter serbaguna yang ditenagai oleh sepasang mesin, Pratt dan Whitney PT6T-3D dengan empat bilah rotor utama dan dua bilah rotor ekor. Helikopter ini termasuk kelas menengah yang  diawaki 2 pilot dan ko-pilot serta 13 penumpang. Heli ini memiliki sifat dinamika yang lebih baik dari generasi Bell sebelumnya dan mesinnya juga 17 persen lebih besar.

Tipe Bell-412 seri EP ini merupakan helikopter Bell-412 generasi baru yang bisa diandalkan. Dimana sebelumnya telah membuktikan kehandalannya dalam berbagai operasi di Indonesia maupun di negara-negara lain. Disamping mampu melaksanakan misi-misi militer, Bell-412 EP ini juga mampu melaksanakan penerbangan sipil, operasi SAR dan pemadam kebakaran.

Menurutnya TNI AD selama ini merupakan pengguna terbesar helikopter produksi PT DI. "Saya harap ke depan TNI AD tetap mempercayakan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan. Industri pertahanan ini bagian dari integral. Kami PT DI dengan kerja sama yang berkesinambungan dapat memiliki nilai kompetitif dan bersaing," katanya.

Seharusnya, jadwal penyerahan enam helikopter ini dilakukan pada September, Oktober dan November 2013. Namun PT DI mampu menyerahkan enam helikopter pesanan tersebut lebih cepat.  "PT DI berupaya mempercepat delivery sehingga kami mampu menyerahkan enam heli tersebut hari ini demi mendukung rencana latihan gabungan TNI," katanya. Ini membuktikan prestasi PT DI dan tentu akan menjadi dorongan semangat bagi Kemenhan (kementerian pertahanan), TNI dan stakeholder lain yang berkepentingan dalam kemajuan industri pertahanan dalam negeri, ujar Rachmad.

Sementara itu, Kepala Barahanan, Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis, mengatakan helikopter ini akan digunakan untuk misi serbu. Dasar kerja sama yang berkesinambungan dengan PT DI bagian dari upaya pemerintah dan komitmen menggunakan produksi dalam negeri.

"Saat ini Jumlah Heli TNI AD ada 23 unit dengan ditambah tentu semakin memperkuat pertahanan. Saya yakin bahwa PT DI berupaya maksimal untuk produksi alutsista. Bahkan PT DI membuktikan prestasinya," ungkapnya. (V/M)


1 Response to "PT DI Serahkan 6 Helikopter Bell-412 EP ke TNI AD"

  1. pemerintah yakin ne helikopter serang pengganti pengganti Apache??

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.