Latest News

HUT TNI AU ke-67 akan Tampilkan Aerobatik Udara

Tim dari Sukhoi saat upacara HUT TNI AU ke-66 di Pangkalan Skadron Udara 2 Halim Perdanakusuma pada Senin, 9 April 2012.

Untuk memperingati HUT TNI Angkatan Udara ke-67 pada 9 April mendatang, TNI AU akan menampilkan dua Tim Aerobatik kebanggaannya yaitu Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto dan Team Dynamic Pegasus Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang.

Dalam peringatan HUT TNI AU ke-67 ini, JAT akan menggunakan pesawat KT-1 B yang diawaki oleh para Instruktur Penerbang menggunakan tujuh pesawat. Tim Aerobatik Jupiter melakukan tarian udaranya dengan beberupa manuver diantaranya Jupiter Roll, Loop XClover Leap, Mirror, Tango To, dan Jupiter Roll Back, Hi "G" TurnRoll Slide dan Break Off.

Sedangkan Team Dynamic Pegasus (TDP) menggunakan tujuh pesawat Helikopter EC-120 Colibri dengan manuver yang akan ditampilkan antara lain Pegasus Cross, Head On, Water Fall, Pegasus Love Tactical, Huming Bird Kiss, dan Sparkling.

Selain penampilan kedua Tim Aerobatik tersebut, langit Jakarta juga akan dihiasi oleh sekitar 200 Peterjun Free Fall Korpaskhas yang berkualifikasi Para Lanjut Tempur (PLT) yang diterjunkan menggunakan tiga pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan beberapa Peterjun akan menampilkan pendaratan pada Perahu Landing Craft Rubber (LCR). Korpaskhas juga akan menampilkan keterampilan Tim Bravo'90 dalam simulasi menembak jarak dekat secara bersamaan dan berhadapan serta Halang Rintang (HR).

Seorang anggota menyaksikan atrakasi dari tim Pegasus dalam upacara HUT TNI AU ke-66 di Pangkalan Skadron Udara 2 Halim Perdanakusuma pada Senin, 9 April 2012.
Kembali ke belakang, pada peringatan HUT TNI AU ke-66 tahun lalu, dimeriahkan dengan 64 pesawat terbang dari berbagai tipe dan jenis dari berbagai skuadron yang melakukan demonstrasi statik, terbang formasi, dinamis hingga unjuk kemampuan aerobatik, yang dipusatkan di Bandara Halim Perdanakusuma, pada 9 April 2012.

Jenis dan tipe pesawat terbang yang dilibatkan tahun lalu antara lain; F-5E/F Tiger, Hawk 100/200, F-16 A/B Blok 15 Fighting Falcon, Sukhoi Su-27 dan Su-30 Flanker,  Hercules C-130, B-737 200/400 Surveillance, CN-235/235 MPA, C-212 Aviocar, KT-1B Wong Bee, helikopter NAS-332/330 Super Puma dan Puma, helikopter EC-120 Colibri, helikopter Bolkow-Blohm, dan Cessna yang kesemuanya adalah arsenal milik TNI AU.

Sumber : DISPENAU
Kredit foto : Tempo/Aditia Noviansyah


0 Response to "HUT TNI AU ke-67 akan Tampilkan Aerobatik Udara"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.