Latest News

Iran Memproduksi Senjata dan Peralatan Militer Canggih untuk Pasar Dalam dan Luar Negeri

Iran adalah salah satu negara di dunia yang memproduksi senjata dan peralatan militer canggih, kata seorang pejabat senior militer Iran pada Sabtu, 1 Februari 2014. "Sebelum kemenangan Revolusi Islam, Iran mengimpor hampir semua perangkat keras militer dari luar negeri, tapi hari ini Iran menjadi produsen perangkat keras militer canggih di dunia," kepala Army's Ideological and Political Organization Iran Mohammad Ali Al-e Hashem mengatakan.

Sistem pertahanan udara Raad
Sistem pertahanan udara Raad ditampilkan saat parade militer
Berdiri teguh dalam 8 tahun perlawanan (Perang Iran-Irak 1980-1988) melawan kekuatan arogan tentara Saddam Hussein dalam invasinya terhadap Iran, mengakhiri campur tangan ahli militer asing, memproduksi berbagai produk militer strategis seperti rudal, kapal perang, pesawat terbang dan drone, dan memiliki akses untuk mengembangkan perangkat peperangan elektronik, itu hanya beberapa dari sekian banyak prestasi yang lahir dari Revolusi Islam Iran, Hashem menambahkan.

Teheran memaksakan diri mengembangkan senjata selama Perang Iran-Irak sebagai solusi atas embargo senjata AS. Sejak itu, Iran banyak mengambil langkah besar untuk merancang dan memproduksi berbagai senjata ringan, medium dan berat. Mulai tahun 1992, Iran sudah mampu memproduksi tank, kendaraan angkut personel lapis baja, rudal dan pesawat tempur.

Dua tahun lalu para pejabat militer Iran mengatakan bahwa negara itu telah mencapai swasembada dalam memproduksi sistem radar dengan frekuensi dan jangkauan berbeda.

Namun, Teheran selalu menegaskan bahwa militer dan program pengembangan senjatanya hanya ditujukan untuk defensif dan bukan merupakan ancaman bagi negara lain.

Pada tahun 2006, Iran mengirimkan kendaraan lapis baja Rakhsh 4x4 dan tank tempur utama (MBT) 72z ke Sudan.

Rakhsk adalah kendaraan taktis ringan 4x4 yang dirancang dan diproduksi oleh Iran melalui Kompleks Industri DIO's Shahid Kolah Dooz. Kendaraan ini digunakan oleh Angkatan Darat dan Kepolisian Iran.

Kendaraan lapis baja angkut personel Rakhsk
Kendaraan lapis baja angkut personel Rakhsk
Tank Safir 74
Tank Safir 74
MBT T-72z yang juga disebut sebagai Safir 74 adalah versi upgrade dari MBT Rusia T-55. Informasi yang diperoleh mengenai tank Safir-74 adalah upgrade besar untuk output dari mesin, transmisi, proteksi lapis baja dan senjata dan sistem pemadam kebakaran juga telah dipasang.

Seorang mantan pejabat Iran lainnya mengatakan bahwa Iran telah menjual peralatan militer senilai USD 100 juta pada tahun 2003, dan pada tahun 2006 Iran telah mengekspor senjata ke 57 negara di dunia.


1 Response to "Iran Memproduksi Senjata dan Peralatan Militer Canggih untuk Pasar Dalam dan Luar Negeri"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.