Latest News

ZTD-05, Kendaraan Tempur Amfibi China

Kendaran tempur amfibi China ZTD-05

ZTD-05 adalah kendaraan serbu amfibi (AAV) lapis baja yang dirancang dan diproduksi sendiri oleh China. Nama ZTD 05 merujuk pada nomor seri kendaraan amfibi yang dikembangkan oleh China. Ini merupakan kendaraan serbu amfibi kelas menengah yang tercepat dan paling maju yang diproduksi oleh China. ZTD-05 dirancang untuk China oleh biro KBP Tula, menggunakan kompartemen tempur kendaraan lapis baja infanteri Rusia BMP-3 sebagai acuan awal. Pabrikan mesin Kurgan juga diikutsertakan dalam pengembangan kendaraan ini, serta untuk peluncuran produksi massal.

Varian dari kendaraan jenis ini antara lain ZBD-04, yang merupakan versi infanteri dengan senjata 30 mm dan terdapat juga varian untuk pos komando.

ZTD-05 dipersenjatai dengan cannon 105mm yang mampu menembakkan beberapa jenis amunisi, mirip dengan yang digunakan pada tank amfibi ZTS63A. Senjata sekunder meliputi senapan mesin koaksial 7,62mm dan dua set dari empat peluncur granat asap yang dipasang di sisi turret (kubah).

Lambung dan turret dari ZTD-05 terbuat dari konstruksi baja yang dilas, yang memberikan perlindungan dari senjata kecil, pecahan granat dan serpihan amunisi lainnya.

ZTD-05 menggunakan mesin bertenaga kuat dan mampu menavigasi pada kecepatan tinggi di air. ZTD-05 berfitur large flat, lambung layaknya kapal, dengan enam roda ganda dan tiga return roller. Bagian atas suspensinya dilindungi dengan pelat baja.

ZTD-05 memiliki fitur yang berkategori sangat baik, termasuk spurnwater yang berada di depan body yang dapat mengimbangi resistensi air dan mempercepat gerakannya di air. ZTD-05 menggunakan dua water jet besar untuk mencapai kecepatan tinggi untuk perjalanan di atas air, sehingga mengurangi ancaman ranjau musuh dan pertahanan pantai yang biasa dihadapi oleh kendaraan-kendaraan amfibi. ZTD-05 dilengkapi dengan sistem komputerisasi kontrol tembak (FCS), yang mencakup komputer kontrol tembak, visual komandan dengan laser rangefinder dan display night vision pasif untuk penembak. Untuk lebih memudahkan operasinya, ZTD-05 juga dilengkapi dengan navigasi GPS dan imaged intensifier night vision atau thermal imaging system.

Kendaran tempur amfibi China ZTD-05

Kendaran tempur amfibi China ZTD-05

Kendaran tempur amfibi China ZTD-05

Kendaran tempur amfibi China ZTD-05

Karakteristik dan Spesifikasi ZTD-05
Persenjataan
1 Cannon 105 mm dan 1 senapan mesin koaksial 7,62
Negara pengguna
China
Pembuat
Biro KBP Tula
Perangkat tambahan
GPS, sistem proteksi NBC, Night/Day driving vision, sistem kontrol  tembak komputer, laser rangefinder
Kru
4 tentara
Lapis baja
Perlindungan dari senjata kecil dan pecahan ranjau dan pecahan amunisi besar lainnya
Berat
?
Kecepatan
65 km/jam di darat dan 45 km/jam di air
Jarak tempuh
500 km
Dimensi PxLxT
?


3 Responses to "ZTD-05, Kendaraan Tempur Amfibi China"

  1. selamat ya mas... anda pemenang Blogger Of The Month VIVA_Log.

    Salam dari Didno76 Blogger Indramayu

    ReplyDelete
  2. Selamat gan atas penghargaan BOM dari viva heheh

    ReplyDelete
  3. Terima kasih. Sepertinya pemenang BOM adalah id yang berbeda setiap bulan. Jadi semua berpeluang.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.