Sekilas Sejarah PT. Pindad -Indonesia


Riwayat Singkat

PT. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan.

Pada periode tahun 1808-1850 berdiri bengkel peralatan militer bernama Artilleriee Constructie Winkle (ACW) dan Pyrotekniesche Werkplaats (PW) berfungsi mengadakan persediaan dan pemeliharaan alat-alat perkakas senjata dan memperbaiki senjata-senjata yang rusak, sementara PW berfungsi membuat dan memperbaiki munisi atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan bahan peledak untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Belanda.

Pada periode tahun 1923-1932, bengkel-bengkel  yang  ada di Surabaya dan lain-lain dipindahkan ke Bandung dan digabung menjadi satu dengan nama Artilerie Inrichtingen (AI). Tahun 1942, Belanda menyerah kepada Jepang dan kemudian ACW berganti nama menjadi Dai Ichi Kozo (DIK). Pada tahun 1947 DIK berganti nama menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB)

Pada tanggal 29 April 1950 pemerintah Belanda menyerahkan LPB kepada pemerintah RIS dan berganti nama menjadi Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM). Tahun 1958 PSM berganti menjadi Pabrik Alat Peralatan Angkatan Darat kemudian berubah nama menjadi PINDAD dan pada tahun 1983 status PINDAD berubah menjadi BUMN.

Pada tahun 1989, bersama dengan 9 Persero lain, PT. PINDAD (Persero) berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS). Tahun 1998 BPIS dibubarkan, seluruh perseroan yang berada di bawah pembinaannya menjadi anak perusahaan PT. Pakarya Industri (Persero). Tahun 1999 PT. Pakarya Industri (Persero) berubah nama menjadi PT. Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero), yang kemudian dibubarkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 52 tahun 2002. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 41 tahun 2003, PT. Pindad (Persero) berada di bawah kewenangan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

panser pesanan malaysia
Anoa 6x6 buatan Pindad


Bidang Usaha :
PT. PINDAD (Persero) dalam kegiatan usaanya, mencakup bidang :
a. Manufaktur
  1. Produk senjata dan munisi
  2. Produk kendaraan khusus
  3. Produk piroteknik, bahan pendorong dan bahan peledak (militer dan komersil)
  4. Produk konversi energi
  5. Produk komponen, sarana dan prasarana dalam bidang transportasi
  6. Produk mesin industri dan peralatan industrial
  7. Produk mekanikal, elektrikal, optikal dan opto elektronik
b. Jasa
  1. Perekayasaan sistem industrial
  2. Pemeliharaan produk/peralatan industri
  3. Pengujian mutu dan kalibrasi
  4. Konstruksi
  5. Permesinan
  6. Heat dan Surface treatment
  7. Peledakan
c. Perdagangan
Melaksanakan pemasaran, penjualan dan distribusi produk dan jasa tersebut termasuk produksi pihak lain, baik dalam maupun luar negeri

d. Produk jasa dan lainnya dalam rangka memanfaatkan sisa kapasitas yang dimiliki perusahaan.

nb: Komisaris Utama PT. PINDAD saat ini adalah Jend. TNI (Purn) George Toisutta dan dirut utamanya adalah Ir. Adik Avianto, MSIE, Ph.d



0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN GABUNG
Langganan Artikel Via Email

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...