Latest News

Rusia Luncurkan Helm 6B47 untuk Perlengkapan Tempur Ratnik

Helm 6B47 (Ratnik)

Helm 6B47 yang dirancang Rusia sebagai kelengkapan dari perlengkapan tempur 'Ratnik' kini menjalani uji coba yang rencananya akan selesai pada akhir tahun ini. Helm 6B47 adalah helm tempur prajurit yang didesain oleh Central Research Institute for Precision Machine Building (TsNIITochMash) yang diklaim tidak memiliki kesamaan dengan helm apapun di dunia.

Menurut Oleg Faustov, kepala perancang sistem perlengkapan tempur dan militer TsNIITochMash, helm 6B47 tidak hanya cocok digunakan oleh unit infanteri, tapi juga cocok untuk pasukan payung bahkan pasukan khusus.

"Berat helm hanya satu kilogram. Meski lengkap dengan semua atribut defensifnya, berat helm lebih ringan dari helm Amerika, yang lebih kecil namun beratnya 1,5 kilogram," Oleg Faustov menjelaskan kepada koran VPK.

Selain helm dan pakaian, perlengkapan tempur Ratnik terdiri dari 40 item, yang terdiri dari senjata api, sistem pengamatan (sighting), pelindung tubuh, dan sistem komunikasi elektronik dan navigasi. Garansi usia pakai perlengkapan tempur Ratnik adalah lima tahun.

Baca juga: Helm dan Pakaian Cerdas untuk Tentara

Departemen Pertahanan Rusia dan TsNIITochMash rencananya akan segera merampungkan pengujian terhadap helm 6B47 pada akhir tahun ini. Selama uji coba, karakteristik perlindungan dan daya tahannya akan dievaluasi di berbagai kondisi suhu dan cuaca. Helm ini sejatinya harus mampu melindungi prajurit dari temperatur mulai dari -50 hingga 50 derajat dan dari hujan, salju dan bahkan air asin.

Helm ini pertama kali ditampilkan di hadapan publik di stan TsNIITochMash saat pameran Engineering Technologies-2014. Jika uji coba berjalan sesuai rencana, helm ini akan segera digunakan oleh militer Rusia pada awal tahun depan.

TsNIITochMash selama ini berkecimpung dalam desain dan produksi berbagai senjata dan peralatan milter untuk berbagai jenis pasukan. Perusahaan ini telah merancang lebih dari 120 jenis senjata api, artileri, dan senjata anti tank, serta perangkat keras tempur lainnya dan berbagai jenis amunisi.

Gambar: Vitaly V. Kuzmin


2 Responses to "Rusia Luncurkan Helm 6B47 untuk Perlengkapan Tempur Ratnik"

  1. Apa ada kelebihan lain helm tempur ini selain beratnya yg lbh ringan?
    Apa punya proteksi lbh baik drpd helm tempur yg sudah ada?

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.