Thursday, December 06, 2012

Pemberontak Suriah Dapatkan Rudal Anti Pesawat

Pemberontak Suriah
Pemberontak Suriah baru-baru ini memperoleh hingga 40 rudal anti-pesawat, seperti yang dilaporkan Washington Post beberapa hari lalu, mengutip pernyataan pejabat intelijen Barat dan Timur Tengah. Rudal anti-pesawat ini disuplai dalam beberapa minggu terakhir dari Qatar, seperti yang dilaporkan, mengutip dua pejabat inteljen timur Tengah yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini.

"Ini mengkhawatirkan bagi semua orang," kata sumber. "Ketika pemerintahan (Presiden Suriah Bashar al-Assad) selesai, semua ini sebaiknya juga ikut berakhir karena  penerbangan komersial akan beresiko." Pemerintah AS juga telah menentang para pemberontak Suriah mendapatkan rudal jenis ini, ditakutkan akan jatuh ke tangan teroris.

Laporan itu muncul setelah Syrian Observatory for Human Rights mengatakan bahwa pemberontak Suriah berhasil menjatuhkan sebuah helikopter militer dengan rudal permukaan-ke-udara (SAM). "Ini merupakan pertama kalinya para pemberontak berhasil menembak jatuh helikopter dengan rudal permukaan-ke-udara,".

Observatorium  yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan rudal itu bagian dari konsinyasi baru yang diterima oleh pemberontak Suriah yang memiliki potensi untuk mengubah keseimbangan kekuatan dalam konflik yang sudah berlangsung 20-bulan. Lebih dari 40.000 orang tewas sejak konflik meletus pada Maret 2011, menurut Observatorium.

Kredit Foto: CS Monitor