Latest News

AS Tawarkan F-16V (Latest Varian) untuk Indonesia

F-16 Block 60 UEA

Untuk memperkuat pertahanan TNI, Indonesia membuka 'pintu' bagi raksasa perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin untuk membuktikan pesawat tempur F-16V adalah produk anyar nan apik. Untuk itu, Lockheed Martin membawa kokpit demonstran F-16 ke Indonesia guna menunjukkan kemampuan F-16V.

"Dengan Indonesia masih dalam proses request of information, namun ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk menunjukkan bahwa F-16V adalah pembaruan yang hebat," ujar Randy Howard selaku F-16 Business Development kepada awak media di Jakarta.

Ia melanjutkan, "jika semua berjalan mulus, Indonesia bakal jadi yang pertama untuk memiliki produksi pertama dari F-16V."

Menurut The Jakarta Post, Randy Howard juga menyampaikan bahwa Lockheed Martin siap memberikan Indonesia skema offset, dimana Indonesia akan membangun komponennya jika jadi membeli varian terbaru F-16 ini. Namun tidak dijelaskan komponen apa yang dimaksud oleh Howard.

Ini bukan kali pertama pihak Lockheed Martin yang bermarkas di Bethesda, Maryland, AS untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pengembangan pesawat tempur TNI AU.

F-16V merupakan generasi keempat dari lini produksi F-16. Pesawat tempur ini memiliki panjang 15 meter dengan tinggi 5 meter dan bentang sayap 10 meter. Lockheed Martin mengklaim kecepatan maksimum F-16V bisa mencapai 2.414 kilometer per jam, CNN Indonesia mengungkapkan.

Sementara Chief Test Pilot Paul Randall yang juga hadir dalam jumpa pers menambahkan, F-16V mengalami pembaruan dari segi sistem radar yang lebih baik bernama Scalable Agile Beam Radar (SABR), kemampuan mencium adanya gelombang listrik dari luar pesawat, serta sensor yang terhubung dengan program komputer sehingga sang pilot bisa langsung menavigasi atau mengarahkan dengan otomatis.

Dukungan produk F-16V turut datang dari Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake Jr. Dia mengatakan kedua negara memiliki hubungan yang kuat dan berkembang, termasuk hubungan pertahanan yang kuat.

"Militer AS sangat menghargai pertumbuhan kerjasama dengan TNI," katanya.

Blake menambahkan bahwa AS membantu Indonesia untuk memodernisasi militernya melalui pelatihan dan peralatan, termasuk pesawat. "Indonesia memiliki tradisi yang sangat panjang terbang F-16," katanya.

Blake mengatakan bahwa varian terbaru dari F-16 tersebut, yang tidak lagi memiliki sistem bilangan Blok, sangat cocok untuk Indonesia karena juga bisa melacak target maritim.

"Selain soal keamanan, sistem radar pada pesawat tempur F-16V yang sudah mengalami pembaruan ini saya harapkan dapat berguna untuk pemantauan kondisi laut. Saya yakin pesawat ini bisa membantu memodernisasi kekuatan militer Indonesia," tutur Blake.

Alasan lain untuk memilih F-16, Blake mengatakan, karena biaya operasinya 30 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaingnya.

Seperti yang diketahui, TNI AU tengah mencari pengganti F-5 Tiger yang sudah tua. Adapun negara-negara produsen yang mengajukan tawaran antara lain Swedia dengan Gripen JAS39 (bermesin tunggal sama seperti F-16), Prancis dengan Rafale, konsorsium negara-negara Eropa dengan Typhoon dan Rusia dengan Su-35. Ketiga pesawat terakhir memiliki mesin ganda.

Lockheed Martin/CNN Indonesia/The Jakarta Post

10 Responses to "AS Tawarkan F-16V (Latest Varian) untuk Indonesia"

  1. Tni-Au patut beli Su 35 aja..sebabnya F-16 bukan tandingan F 15sg singapura atau F18 australia. .Lihat masa latihan di India F-16 Negara jiran kalah teruk sama Su 30Mki angkatan udara India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohong!!! Pesawat tempur buatan AS yang paling canggih di dunia!

      Delete
    2. Kayaknya ada yg perlu baca² lg nech... sejak kpn pesawat mami rika paling canggih.... coba lihat sisi sebelah pilot Euro Typhoon... d situ ada tanda Raptor Killer... pesawat siluman paling canggih gen-5 F-22 Raptor d pecundangi Euro Typhoon yg teknologinya msh gen-4... dlm picth black yg d lakukan Indonesia & sutrali... SU-30 MK2 vs FA-18 Super Hornet... Sukhoi hanya kalah d peperangan BVR krn Hornet d bantu oleh AEW&C... sedangkan untuk dogfight dll SU-30 MK2 Indonesia mempecundangi F-18 sutrali... itulah yg membuat sutrali risau hingga memutuskan untuk mengakuisisi F-35... yg kemudian jd gamang lg krn Indonesia mo beli SU-35... sutrali malah kepinginnya F-22 Raptor... sayangnya mami rika g mau jual k negara laen.... pdhal dg F-22 Raptor pun sutrali blm tentu bisa menang dg SU-35... apalagi F-35 yg badannya tambun & terbangnya kayak kalong.... enggak dech.... dlm simulasi yg d lakukan sutrali d ketahui bhw untuk menjatuhkan 1 unit SU-35 sutrali hrs kehilangan 3 unit F-35... menurut arsitek F-16... hanya butuh 4 unit SU-35 untuk menghancurkan 1 skuadron F-35... sejak jaman sovyet dulu g ada ceritanya pesawat mami rika jd yg paling canggih... semuanya berputar spt roda...

      Delete
  2. Sebaiknya tidak usah membeli produk Amirika. Ini berdasarkan pengalaman dimana kita berkali kali di blokir sehingga banyak pesawat yang tak bisa terbang

    ReplyDelete
  3. Tawaran menarik yang bisa dipertimbangkan.
    Bisa beli satu skadron untuk keperluan patroli, mengingat F 16 dikenal sbg pesawat murah, efektif dan efisien. Nanti Su 35 nya digunakan untuk patroli jika situasi memanas.

    Ketakutan akan embargo, bisa diatasai dengan menempatkan pelobi ulung di garis depan dan kebijakan politik. Kalau misalnya takut beli dari AS krn embargo, sebenarnya kita pun pernah diembargo Rusia, Inggris dan Prancis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap sj f16 bkn pespur yg menggetarkan lawan,klw untuk patroli cukup pakai super tucanao sj, klw untuk masalah efisien sih murah hemat bbm..krn rawan embargo ttp swlw ada peloby ulung krn amrik ausie lbh melihat sekutunya di asteng negeri jiran itu..

      Delete
  4. Beli f-16v 50 bh, su35 50 bh, f15 50, baru top

    ReplyDelete
  5. Beli f-16v 50 bh, su35 50 bh, f15 50, baru top

    ReplyDelete
  6. Kalo harganh 1/4 dari harga SYu35 kanapa tidak? lumayan buat patroli siskamling...

    ReplyDelete
  7. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.