Latest News

Dua Rafale Unjuk Kebolehan di Lanud Halim

Rafale

Dua pesawat tempur Rafale dari Perancis dan satu pesawat pendukungnya Airbus 400 mendarat di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, hari Senin, 23 Maret 2015, guna presentasi dan demo karakteristik pesawat tempur itu di hadapan pejabat TNI juga Pemerintah.

Pesawat Rafale yang digunakan adalah pesawat tandem (double seat) dengan komposisi, seat depan oleh penerbang Perancis dan seat belakang diduduki oleh tiga penerbang TNI AU secara bergantian. Oleh karena itu demo udara dilaksanakan dalam tiga sortie, dengan waktu sekitar empat puluh lima menit tiap sortienya. Rute terbangnya dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju ke Selatan di atas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat dan kembali ke Lanud Halim Perdanakusuma.

Pada kesempatan itu tiga penerbang TNI Angkatan Udara berkesempatan terbang dengan Rafale untuk merasakan, mengetahui dan menguji kemampuan tempurnya secara langsung sebagai pembanding dengan pesawat tempur TNI AU saat ini.

Tiga penerbang TNI AU yang berkesempatan terbang adalah Mayor Pnb M. Yunus dari Skadron Udara 14, Mayor Pnb Haris dan Mayor Pnb Agus Dwi dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Madiun. Selama penerbangan tersebut, tiga penerbang TNI Angkatan Udara diberi kesempatan mencoba menerbangkan pesawat canggih dengan beberapa manuver, hingga melihat dan mengunci target di udara.

Rafale
Rafale

Kegiatan demo udara tersebut sejak kemarin telah dikoordinasikan dengan baik oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt.Stud., beserta jajaran di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma.

Kedatangan salah satu pesawat tempur andal di Dunia saat ini, tersebut difasilitasi pihak PT. Dirgantara Indonesia (PT DI), setelah digelarnya Langkawi Internasional Maritime and Aerospace 2015, di Malaysia beberapa hari yang lalu.  

Diinformasikan pemerintah saat ini sedang mencari pesawat tempur pengganti, menggantikan pesawat tempur F-5E Tiger II Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, yang sudah dioperasikan selama tiga puluh lima tahun. Hadirnya Pesawat Tempur Rafale buatan Perancis di Lanud Halim Perdanakusuma ini kiranya merupakan upaya untuk mengetahui dari dekat karakteristiknya guna memastikan pilihan di antara beberapa kandidat yang masuk dalam kategori pilihan menggantikan pesawat tempur F-5E Tiger II.

Sumber: Dispenau
Gambar: Dispenau


2 Responses to "Dua Rafale Unjuk Kebolehan di Lanud Halim"

  1. Akhirnya Bung Efran update lagi. Semangat terus berkarya ya Kawan.

    ReplyDelete
  2. Teruskan bung Irfan utk berkarya, pesawat ini sdh sesuai dg rencana TNI AU mesinnya doublel dan kalau ToTnya jadi serta diserap anak2 bangsa tdk lama lagi muncul anak2nya Rafi........he........he.....sip deh

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.