Latest News

8 Helikopter SAR Terbaik di Dunia

Helikopter SAR (search and rescue) modern saat ini, seperti S-92, AW101 dan S-70i menawarkan kemampuan yang baik untuk misi SAR. Artileri mengurutkan 8 helikopter SAR terbaik berdasarkan jangkauan, fleksibilitas, peralatan dan kapasitasnya.

Helikopter S-92 SAR

Helikopter S-92 SAR adalah helikopter multiperan segala cuaca yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft. Kokpit S-92 yang terintegrasi dengan Automatic Flight Control System (AFCS) termasuk radar cuaca, pencitra termal, dan sensor pencari lainnya, memungkinkannya untuk terbang ke lokasi dengan cepat dan tepat. S-92 varian SAR ini mampu mengangkut 10 penumpang, sistem flotasi darurat dan satu 21-man life raft.

Helikopter S-92 SAR
Helikopter S-92 SAR Penjaga Pantai Irlandia
Kabin S-92 yang luas dapat mengakomodasi peralatan dan sistem SAR, seperti forward looking infrared radar (FLIR) operator console, peta digital, tangki bahan bakar tambahan, dual rescue hoist with spot light, satu atau dua triple NATO-standard litter kits, wire strike protection dan cargo hook.

Penumpang dapat dengan mudah masuk ke kabin melalui pintu geser sisi kanan dan pintu belakang yang lebarnya 2,13 m. S-92 mampu menyelamatkan dua korban di kejauhan 380 km dan sepuluh korban di kejauhan 334 km hanya dengan bahan bakar internalnya.

Helikopter AW101 SAR

Helikopter AgustaWestland AW101 SAR memiliki jangkauan lebih dari 1.300 km dan dapat menampung hingga 30 korban, 16 pasien dengan tandu atau muatan hingga 5.000 kg.

Helikopter AW101 SAR
Helikopter AgustaWestland AW101 mampu melakukan misi SAR jarak jauh
Helikopter ini terintegrasi dengan radar cuaca./pencarian, sistem elektro-optik, pintu geser dan jalan belakang yang besar, fast roping/abseiling kit, lampu pencarian dan pengeras suara, kargo kait, peralatan flotasi darurat dan dua 14-man life rafts.

Helikopter S-70i SAR

Merupakan derivat dari helikopter Black Hawk, S-70i SAR didesain khusus untuk melakukan tugas SAR menantang.

Helikopter S-70i SAR
Helikopter S-70i Angkatan Udara Kerajaan Brunei
Kokpit S-70i dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan otomatis ganda yang sepenuhnya terintegrasi dengan mode SAR. S-70i dilengkapi dengan FLIR, SAR direction finder, underwater beacon dan external electric rescue hoist.

S-70i dapat dilengkapi dengan lampu pencarian Nightsun, radar cuaca berwarna, personnel locator system, emergency locator transmitter, dan peralatan pengukur jarak. S-70i dapat terbang untuk misi SAR dalam radius sekitar 250 km selama hampir tiga jam.

Helikopter S-76D SAR

Helikopter S-76D SAR didesain untuk memenuhi seluruh jenis operasi SAR saat ini. S-76D dilengkapi dengan SAR coupled autopilot dan stasiun observasi yang menampilkan output dari sistem pencitraan siang-malam untuk kru. 

Helikopter S-76D SAR
Helikopter S-76D mampu mengangkut hingga 12 orang dan peralatan pendukung
S-76D dapat dilengkapi dengan FLIR, charge-coupled device (CCD) cameras, perangkat pencitraan multi sensor, radar cuaca, lampu pencarian SX5 atau SX16, kerekan penyelamatan, sistem rappelling dan/atau fast rope, dan tanki bahan bakar tambahan. Pintu kabin geser dan peralatan rappelling atau fast rope memastikan kecepatan S-76D dalam melaksanakan aksi SAR.

Kabin S-76D yang besar dan fleksibel mampu mengangkut hingga 12 orang dan peralatan pendukung. Dengan bahan bakar internal, helikopter ini mampu terbang selama empat jam.

Helikopter AW189 SAR

AW189 adalah helikopter yang dikonfigurasi untuk menjalani misi SAR saat ini dan di masa mendatang, termasuk misi SAR yang menantang. Helikopter ini telah digunakan oleh Departemen Transportasi Inggris untuk menjalankan misi SAR selama lebih dari 10 tahun.

Helikopter AW189 SAR
Helikopter AW189 SAR memiliki berbagai peralatan SAR
Kombinasi jangkauan dan muatannya yang besar memungkinkan AW189 untuk menjalankan misi SAR jarak jauh. Helikopter ini diawaki oleh satu atau dua pilot dan mampu mengangkut 16-18 penumpang.

Helikopter AW189 SAR mampu ditumpangi delapan korban dan beberapa tandu, terintegrasi dengan FLIR/TV, lampu pencarian terkontrol, sistem pemetaan Honeywell dan beberapa sistem komunikasi lainnya. Helikopter ini memiliki jangkauan maksimum 370 km saat membawa 12 penumpang.

Helikopter EC225 Super Puma

Helikopter EC225 Super Puma buatan Eurocopter Group didesain untuk menjalankan misi SAR di segala cuaca.

Helikopter EC225 Super Puma
Helikopter EC225 Super Puma dapat menjalankan misi SAR dan penjaga pantai
Helikopter ini terintegrasi dengan sensor, sistem referensi inersia, FLIR, dan sistem radar untuk memenuhi semua kebutuhan misi SAR. Fitur uniknya, seperti melayang kurang dari 1 meter menjadikan helikopter ini sebagai helikopter yang andal untuk menjalankan misi SAR.

EC225 dilengkapi dengan enam kursi dan untuk medis hingga tiga tandu. EC225 memiliki jangkauan maksimum 1.135 km dengan data tahan terbang 5 jam 36 menit.

Helikopter AW139 SAR

Kecepatan jelajah yang tinggi dan kapasitas muatan AW139 yang besar dan dikombinasikan dengan OEI yang baik, menjadikannya sebagai helikopter yang andal untuk misi SAR bahkan di lingkungan yang ekstrem.

Helikopter AW139 SAR
Helikopter AW139 SAR mengakomodasi dua pilot dan 12 penumpang
AW139 mengintegrasikan radar pencarian/cuaca, sistem FLIR/low light television (LLTV), empat bag floatation system, dua 17-man external life rafts ekternal, lampu pencarian, external rescue hoist, ice detection dan active protection system. 4-axis auto pilot memungkinkan helikopter ini untuk auto hover, modus SAR dan pencarian.

AW139 SAR mampu membawa satu atau dua pilot dan 12 penumpang. Mampu terbang sejauh 927 km dengan membawa beban maksimum. Daya tahan maksimumnya di ketinggian 6.000 kaki dengan bakar 1.654kg (tidak ada bahan bakar cadangan) adalah 5 jam 56 menit.

Helikopter EC725

Helikopter EC725 dari Eurocopter Group adalah helikopter multiperan yang cocok untuk misi SAR dan CSAR (Combat Search and Rescue). Mampu dioperasikan dari kapal dan darat untuk melakukan misi di situasi yang kompleks.

Helikopter EC725
Helikopter EC725 adalah platform ideal untuk misi SAR dan CSAR
Kokpitnya mengusung four-axis dual duplex digital AFCS, sistem manajemen penerbangan Doppler, mode GPS dan SAR. Helikopter ini dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR seperti radar pencarian dan cuaca, kamera TV/IR, eye-safe laser telemeter, double hoist, emergency floatation system, instalasi pembawa untuk korban tandu, locator dan pengeras suara dan sorot.

Jangkauan EC725 SAR dapat ditingkatkan dengan pengisian bahan bakar tambahan (belakang) 990l. Helikopter ini memiliki jangkauan maksimum 1.339 km dan dapat terus terbang di udara selama 6,5 jam tanpa perlu mengisi bahan bakar.


1 Response to "8 Helikopter SAR Terbaik di Dunia"

  1. kok heli SAR buatan Rusia kgk masuk nominasi yah

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.