Latest News

Skylon, Pesawat Ruang Angkasa Masa Depan

Skylon

Perusahaan Inggris Reaction Engines sedang membangun pesawat yang mampu terbang langsung ke luar angkasa. Badan Antariksa Eropa sangat tertarik dengan pesawat futuristik seperti ini mengingat upaya untuk menurunkan mahalnya biaya sebuah peluncuran ke luar angkasa.

Reaction menamakan pesawat ini sebagai Skylon, yang kecepatannya lebih dari mach 5 (6.125 km per jam). Skylon ditenagai oleh mesin SABRE, yang merupakan singkatan dari Synergetic Air-Breathing Rocket Engine. Mesin-mesin ini dapat didinginkan sampai -160 derajat celcius menggunakan helium terkompresi.

Skylon

Skylon didesain untuk mampu menjalankan semua misi utama peluncuran luar angkasa, seperti: peluncuran satelit Geo-stasioner (GSO) untuk komunikasi, peluncuran beberapa satelit kecil dalam sekali peluncuran, membawa orang dan kargo ke luar angkasa di sebuah kompartemen khusus yang dapat dipasang pada Skylon, sebagai pesawat penyuplai kebutuhan stasiun ruang angkasa, meluncurkan elemen atau infrastruktur orbital untuk keperluan pengetahuan atau misi-misi planet dan satelit.

Berbekal mesin oksigen cair, Skylon masuk ke orbit Bumi dan bahan komposit keramik akan menjaganya dari kerusakan ketika masuk kembali.

Skylon

Apapun itu, Skylon saat ini masih dalam tahap awal pengembangan, dengan tujuan utama sebagai kendaraan yang hemat biaya untuk ke luar angkasa.

Karakteristik Skylon
Panjang 82m
Diameter 6,25m
Rentang sayap 25m
Berat kosong 41,000kg
BBM 220,000kg
Berat maksimum
muatan
12,000kg
Berat maksimum
lepas landas
275,000kg

Gambar: Reaction Engines


1 Response to "Skylon, Pesawat Ruang Angkasa Masa Depan"

  1. wah teknologi ini tandingan space-x dong milik Elon Musk ;-)

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.