Latest News

Simulasi Hanudnas dengan MANPADS QW-3

Rudal "Kiwi III"

Dalam menggelar simulasi latihan Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas), TNI AU menampilkan senjata QW-3 (Qian Wei 3) buatan China. QW-3 merupakan Man-portable air-defense systems (MANPADS) atau sistem rudal panggul pertahanan udara yang mampu menghancurkan target udara yang masuk.

Letkol Datasemen Lanud 472 Paskhas Wing II Makassar, Iwan setiawan mengungkapkan, MANPADS QW-3 mampu mendeteksi objek asing yang masuk dengan kemampuan deteksi sejauh 35 kilometer.

"Dalam mendeteksi objek asing ini dibantu dengan radar yaitu smart hunter. Smart hunter berfungsi untuk mendeteksi apabila ada sasaran dengan jarak 35 kilometer. Setelah dideteksi oleh radar smart hunter akan ditransfer ke penembak rudal QW yang didalam rudal ini ada mikro displaynya, sehingga jarak ketinggian sudah dapat terlihat," ucapnya kepada Tribun Kaltim.

Dikatakan, Iwan Setiawan, dalam mengoperasikan rudal QW-3, anggota TNI AU harus terlebih dahulu dilatih cara penggunaannya. Untuk mengetahui cara penggunaan ini, TNI AU melakukan latihan di China selama satu bulan.

"Yang dapat menggunakan rudal QW-3 ini ada empat datasemen Lanud. Yaitu Lanud 471 di Jakarta, 472 Makassar, 473 di Pontianak, 474 di Jogjakarta. Mereka ini semuanya telah mengikuti pelatihan maintenance dan pengoperasiannya," ujarnya.

MANPADS QW-3 adalah rudal buatan CPMIEC (China National Machinery Import and Export) RRC yang merupakan salah satu alutsista yang dimiliki oleh Korps Paskhas TNI AU. Rudal ini adalah rudal permukaan ke udara jarak pendek yang mampu menghadapi sasaran pesawat tempur berkecepatan tinggi, dengan jarak jangkauan 8 km yang dilengkapi alat pemandu semi aktif laser (heat seeker) pada moncongnya serta anti jamming dan teknologi micro computer sehingga akan sulit bagi pesawat sasaran untuk lolos dari pengejaran apabila sudah terkunci (locked) oleh rudal ini.

Gambar: Junisah/Tribun Kaltim


0 Response to "Simulasi Hanudnas dengan MANPADS QW-3"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.