Latest News

Krisis Rudal Kuba (October Crisis)

Krisis Rudal Kuba atau juga dikenal sebagai "October Crisis" adalah sebuah krisis yang terjadi antara tanggal 14-28 Oktober 1962 yang terjadi sebagai akibat dari Perang Dingin yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Krisis yang terjadi di Laut Karibia Kuba ini terjadi setelah terungkap fakta bahwa Amerika Serikat telah mensponsori sebuah serangan ke Teluk Babi (Invasi Teluk Babi) milik Kuba, sebuah negara komunis di Laut Karibia.

Invasi Teluk Babi adalah sebuah pendaratan yang direncanakan dan didanai oleh Amerika Serikat dan dilakukan oleh orang-orang Kuba di pembuangan di Kuba barat daya untuk menggulingkan pemerintahan Fidel Castro pada tanggal 17-19 April 1961. Namun, invasi ini gagal total dan menjadi noda internasional bagi pemerintahan Kennedy. Meskipun gagal, penyerbuan ini telah menimbulkan kemarahan Uni Soviet, sebagai pemimpin komunis dunia, maupun rakyat Kuba sendiri.

Rudal balistik jarak menengah Uni Soviet R-12
Rudal balistik jarak menengah Uni Soviet R-12 (SS-4) di Red Square, Moskow, 1959-1962. Gambar: CIA/Wikimedia
Pada bulan September 1962, Nikita Khruschev, Perdana Menteri Uni Soviet, menyatakan kepada Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy bahwa setiap serangan berikutnya terhadap Kuba akan dinilai sebagai tindakan perang. Tidak lama kemudian, atas permintaan Kuba, Uni Soviet segera menempatkan rudal-rudal jarak menengah yang dilengkapi dengan hulu ledak nuklir di Kuba.

Rudal-rudal tersebut mengancam AS karena kemampuan merusaknya yang dapat menghancurkan sebuah kota besar dalam waktu singkat setelah diluncurkan. Pada tanggal 22 Oktober 1962, Kennedy muncul di muka publik dan menuntut Uni Soviet untuk menarik rudal-rudalnya atau AS akan menyerang Kuba. Maka, dimulailah minggu-minggu yang dikenal dengan sebutan Krisis Rudal Kuba ini.

Foto yang menggambarkan kosentrasi rudal di Kuba
Foto yang menggambarkan kosentrasi rudal di Kuba, 1962. Gambar: CIA/Wikimedia
Negosiasi di antara dua musuh bebuyutan ini terjadi dengan alot karena kedua belah pihak merasa siap untuk berperang dan tidak mau mengurangi tuntutannya. Kapal-kapal perang Amerika mengepung Kuba untuk memaksakan sebuah "karantina" terhadap semua pelayaran milik kuba; pesawat-pesawat pengebom mencari posisi di Florida dan bersiaga menghadapi serangan udara. Untungnya, pada tanggal 28 Oktober 1962, Khruschev menyatakan bahwa Uni Soviet bersedia memindahkan nuklirnya asalkan AS berjanji tidak akan menyerbu Kuba.

Wikipedia


8 Responses to "Krisis Rudal Kuba (October Crisis)"

  1. Sebenarnya AS tidak tau menahu saat Khruschev mengirim misil misil nuklirnya ke Kuba. Mereka cuma mengandalkan foto pengintaian udara dengan U2 untuk memata matai Kuba. Sedangkan CIA hampir tidak punya apa apa disana kecuali agen kelas curut yang memberi info ngawur. Info, tentara Sovyet di Kuba 10000, padahal ada 43000, tentara Kuba berkekuatan 100000, ternyata 275000. Tapi dari pengintaian terakhir, mereka dapat foto, Sovyet mulai menempatkan SAM SA2 disana. Dan tidak lama kemudian U2 ditembak jatuh di Cina, dan jadwal pengintaian U2 untuk Kuba dihentikan. Namun kemudian ada info masuk dari Kuba ke CIA, dari seorang mata matanya, seorang tukang ngawasi jalan raya. Katanya ada iring iringan trailer Sovyet yang tertutup kanvas sepanjang lebih 20 mtr melintas di jalan raya dekat San Cristobal. Dan setelah berdebat panjang, baru AS mengirim kembali misi pengintaian U2 atas Kuba. Baru mereka sadar Sovyet sudah memasukkan 99 hulu ledak nuklir ke Kuba di depan mata AS tanpa mereka sadar

    ReplyDelete
  2. wah,klw saat itu terjadi,tentu kan bedI cara pandang manusia disaat ini.I....

    ReplyDelete
  3. photo likes Are you expecting to strengthen the credibility of the face-book account? Then you certainly are at the right page.

    ReplyDelete
  4. It is the option of the person who you might be following to give the authorization to followers, for you to comment and like on the remarks made by him/her. It completely depends on that person. buy facebook followe

    ReplyDelete
  5. I have been searching for this information for 3 hours, and finally I found on your website, thank you so much for the information, I wait for the next article
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  6. Another method for putting it is that the auto itself is not worth the measure of the advance. With the end goal you should ever sell the auto back or in the event that you were to ever try to exchange it in you will find that you must pay the distinction of the auto esteem in trade out request for you to be settled up with the auto credit organization. Payday Loans

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.