Latest News

ATOM, Prototipe IFV Kelas Berat Rusia-Prancis

ATOM IFV

ATOM adalah kendaraan tempur infanteri (Infantry Fighting Vehicle/IFV) beroda kelas berat yang dikembangkan oleh JSC Central Research Institute Burevestnik (divisi dari Uralvagonzavod) Rusia dan Renault Trucks Defense (RTD) Prancis.

Prototipe ATOM IFV pertama kali diresmikan pada bulan September 2013 saat pameran senjata Russian Arms Expo (RAE) yang diselenggarakan di Nizhny Tagil, Rusia. Sebuah model skala penuh kendaraan tempur infanteri ini ditampilkan saat pameran internasional KADEX-2014 di Kazakhstan pada Mei 2014.

Desain dan fitur ATOM IFV

Sasis ATOM IFV berdasarkan sasis kendaraan infanteri Prancis 8x8 VBCI IFV yang diproduksi oleh Nexter Systems yang bekerjasama dengan Renault Trucks Defense. Lambung ATOM menggunakan pelat baja modular (all-welded). Transmisi, mesin, sistem kontrol tembak didesain oleh Renault, sedangkan sistem senjatanya dikembangkan oleh UralVagonZavod.

Kabinnya menawarkan ruangan seluas 10,7m³ yang mampu mengakomodasi tiga orang awak dan delapan personel tentara bersenjata lengkap. Memiliki satu pintu belakang, empat lubang palka atap (roof hatches) untuk masuk dan keluar.

ATOM IFV dirancang sebagai kendaraan transportasi untuk memobilisasi infanteri selama misi tempur dan medan perang. ATOM dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan misi.

ATOM IFV berdimensi panjang 8,2 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 2,5 meter. Berat tempur kendaraan ini mencapai 32.000 kilogram dengan daya angkut maksimum 7.000 kilogram.

ATOM IFV

Persenjataan ATOM IFV

ATOM IFV dilengkapi dengan kubah (turet) tak berawak yang dipersenjatai dengan kanon otomatis kaliber 57mm, yang mampu menghancurkan kendaraan lapis baja ringan, kru anti-tank guided missile (ATGM) dan anti-tank grenade launcher (ATGL), serta target udara, seperti UAV, precision-guided munitions, dan pesawat dan helikopter.

Sistem senjatanya ini memiliki jangkauan tembak efektif 6 kilometer dengan rate of fire di kisaran 120-140 putaran per menit. Waktu yang dibutuhkan untuk mengubah jenis amunisi adalah sekitar 1-3 detik. Kubah memiliki kapasitas penyimpanan amunisi berkisar antara 180-200 putaran dan siap menembakkan hingga 100 putaran.

Survivabilitas ATOM IFV

ATOM IFV menawarkan perlindungan balistik hingga NATO STANAG 4569 level 5. Dilengkapi dengan reaktif armor dan slat armor untuk perlindungan dari proyektil armor piercing 25mm. Selain itu, ATOM dapat dilengkapi (karena ini masih prototipe belum banyak fitur yang disematkan) dengan sistem proteksi aktif, sistem peringatan laser, pelindungan terhadap senjata kimia, biologi, radiologi dan nuklir.

Mesin dan mobilitas ATOM IFV

ATOM mengusung mesin diesel RENAULT berkekuatan tinggi  dengan output 600 hp, plus gearbox otomatis dan suspensi independen. IFV dapat maju berenang di air dengan dorongan sepasang baling-baling yang terpasang di sisi lambung belakang.

ATOM IFV memiliki kecepatan maksimum 100 km per jam dan memiliki jangkauan 750 kilometer (tanpa mengisi bahan bakar ulang), ground clearance 60 cm, dan ban run-flat. Kendaraan ini dapat diangkut dan diterjunkan dari pesawat Ilyushin Il-76.

ATOM IFV

Karakteristik dan spesifikasi ATOM IFV
Jenis Kendaran tempur infanteri
Asal Prancis- Rusia
Status Prototipe
Produksi 2013
Bobot 32.000 kg
Panjang 8,2 m
Lebar 2,5 m
Tinggi 3m
Kru 3
Penumpang 8
Armor (up to) NATO STANAG 4569 level 5
Senjata utama BM-57 kaliber 57 mm
Mesin Mesin diesel RENAULT (600hp)
Daya angkut 7.000 kg
Suspensi Independen
Ground clearance 60 cm
Jangkauan operasi 750 km
Kecepatan maksimum 100 km/jam

Gambar ATOM IFV 1 dan 2 : Aleksey Kitaev/Wiki Common
Gambar ATOM IFV 3: Алексей Гречищев/Wiki Common



2 Responses to "ATOM, Prototipe IFV Kelas Berat Rusia-Prancis"

  1. Untuk panser badak, kemampuanya bisa disetarakan dengan panser apa ya?

    ReplyDelete
  2. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.