Latest News

Inikah 'Humvee' Masa Depan Rusia?

APC baru Rusia

Meskipun terlihat seperti kendaraan dalam film fiksi low-end, bisa jadi kendaraan ini adalah 'Humvee' masa depan versi Rusia. Zil, pengembang, mengklaim bahwa kendaraan lapis baja angkut personel yang belum diberi nama ini telah digunakan oleh Angkatan Darat Rusia dan kemungkinan akan segera diproduksi secara massal.

Zil adalah perusahaan traktor dan limusin terkenal Rusia yang produknya banyak digunakan oleh Partai Komunis Rusia, kali ini sengaja berimprovisasi dengan konsep baru yang cukup aneh ini. Menurut Zil, bisnis APC (kendaraan angkut personel) seperti ini telah dirampas oleh pabrikan asing, sehingga Zil harus mengambil peluang dalam negeri untuk membuat APC modern sendiri, yang mana Angkatan Darat Rusia saat ini membutuhkan APC 4x4 modern dengan bobot antara 1-2,5 ton.

Dengan atap miring dan grill yang besar, APC ini memang tidak tampak seperti APC-APC kebanyakan. Sedangkan lambungnya yang miring difungsikan untuk membelokkan ledakan ranjau.

APC baru Rusia
 APC baru Rusia
APC baru Rusia
APC baru Rusia
APC baru Rusia

Disebutkan, kendaraan perang Rusia ini menggunakan chassis yang berdasarkan chassis Humvee AS dan berkursi lebih banyak (maksimal 10 orang). Zil mengklaim bahwa desainnya dibuat dengan memanfaatkan "pemodelan 3D canggih" dengan penekanan khusus pada psikologis untuk menghadirkan sesuatu menakutkan dan mengancam.

Tata letak tempat duduknya memungkinkan personel di dalamnya untuk menembak ke arah depan, belakang dan kedua sisi kendaraan dengan baik, plus serangkaian pintu clam-shell dan pintu belakang besar. Meskipun kendaraan ini terlihat futuristik, namun sayang masih menggunakan pegas daun dan rem tromol. Sedangkan tenaganya berasal dari mesin diesel Cummins inline-4 dengan 183bhp, yang disalurkan ke empat roda melalui gearbox manual lima kecepatan dan dua speed transfer case.

APC baru Rusia
APC baru Rusia
APC baru Rusia

Rumor menyebutkan bahwa kendaraan ini akan menjadi kendaraan angkut Angkatan Darat Rusia dalam waktu dekat, dengan konfigurasi tambahan dan serangkaian komponen modular yang dapat dipasang atau dilepas dengan cepat. Termasuk, Zil kemungkinan akan membuat beberapa perubahan seperti pada suspensi, mesin, interior, lapis baja atau mungkin yang lainnya. (Trucklist, English to Russia, AutoExpress)


1 Response to "Inikah 'Humvee' Masa Depan Rusia?"

  1. Rem tromol dan suspensi peer daun cocok untuk menahan beban berat seperti pada kendaraan spt ini yg biasanya bobotnya besar. Jadi mmg sdh di hitung dalam design.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.