Latest News

NASA Rilis Foto Menakjubkan Bulan Planet Jupiter

Europa

Menakjubkan, foto olahan dari Europa, bulan milik planet Jupiter. Foto ini menunjukkan warna yang belum pernah NASA lihat sebelumnya dari satelit alam Jupiter ini.

Foto-foto asli Europa dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa tak berawak Galileo milik NASA, yang mengeksplorasi planet Jupiter dan bulan-bulannya dari orbit pada tahun 1990-an. Pejabat NASA mengolah data Galileo dengan menggunakan teknik pencitraan canggih yang menyempurkan warna sesungguhnya dari Europa. Foto yang dirilis NASA pada 12 November ini, menunjukkan proporsi terbesar dari permukaan Europa dengan resolusi gambar tertinggi, pejabat NASA mengatakan.

NASA merilis foto Europa sebagaimana mereka bersemangat dengan rencana untuk mengeksplorasi Europa di dekade mendatang. Berdasarkan teori NASA, di bawah 'icy shell' Europa terdapat air. Air akan dapat menopang kehidupan, para ilmuwan NASA mengatakan.

"Kisah kehidupan di Bumi dimulai dari lautan, dan karena itu -dan tentu saja- jika kita telah mempelajari tentang kehidupan di Bumi, bahwa dimana Anda bisa menemukan air, maka disitu Anda akan menemukan kehidupan," Kevin Hand, seorang astrobiologis di NASA Jet Propulsion Laboratory, mengatakan dalam sebuah video baru tentang Europa.

Europa, Hand mengatakan, merupakan "game-changer" untuk misi NASA mencari kehidupan karena sumber utama energi Europa berasal dari Jupiter, bukan dari matahari. Sebagaimana Europa mengorbit planet gas raksasa Jupiter, gravitasi besar dari Jupiter menyebabkan terciptanya interaksi yang berpotensi menciptakan energi yang diperlukan bagi kehidupan.

Di antara misi yang direncanakan NASA ke bulan-bulan Jupiter adalah Europa Clipper, misi ini akan menelan biaya sekitar USD 2 miliar. Misi ini akan mengorbit Jupiter dan mencari informasi lebih lanjut mengenai air di Europa. Jika didanai, misi ini akan meluncur ke ruang angkasa sekitar tahun 2025.

Europa

Europa

Europa

Europa

Sumber: Elizabeth Howell (Space.com)
Gambar: NASA


0 Response to "NASA Rilis Foto Menakjubkan Bulan Planet Jupiter"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.