Latest News

Israel akan Pasang Laser Anti Rudal pada Pesawat Sipil

Penembakan rudal Stinger

Sebuah sistem otonom yang akan melindungi pesawat sipil dari rudal yang ditembakkan secara personel (Manportable Air Defence Systems - Manpads) akan segera dipasang pada pesawat-pesawat sipil Israel.

Sistem baru ini dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel Elbit Systems Electro-Optic yang dinamai "Flight Guard" dengan teknologi thermal imaging dan laser-fiber, yang menciptakan sinar laser intensitas tinggi, demikian menurut pernyataan Angkatan Udara Israel dan Elbit Systems pada 5 November, dilansir laman United Press International.

Flight Guard memanfaatkan sistem Commercial Multi-Spectral Infrared Countermeasures (C-MUSIC) dari Elbit Systems, yang merupakan sistem adaptasi misi di bawah program SkyShield pemerintah Israel.

C-MUSIC adalah sistem pasif yang memanfaatkan kamera pelacak rudal inframerah, ultra violet, atau sensor radar untuk mendeteksi peluncuran rudal di tahap awal peluncuran. Setelah terdeteksi, laser akan ditembakkan kepada rudal, rudal memang tidak hancur namun sistem seeking (pencari) pada rudal akan kacau sehingga membelokkan arah penerbangannya dari pesawat.

Untuk memudahkan pemasangan, Flight Guard akan dipasang di bawah bagian pesawat dalam pod aerodinamis. Flight Guard hanya membutuhkan tenaga listrik dari pesawat yang berarti bahwa tidak ada kerumitan dalam proses integrasinya. Selain itu, Flight Guard berukuran kompak dan ringan dan dapat dipasang pada hampir semua jenis pesawat penumpang yang dioperasikan oleh Israel, mulai dari jet regional kecil hingga Boeing 747.

Pod aerodinamis

"Flight Guard akan dipasang di bagian bawah pesawat, lengkap dengan empat sensor yang akan mendeteksi, mengidentifikasi, melacak dan pada akhirnya akan mengalihkan arah penerbangan rudal yang ditembakkan ke pesawat," ujar Angkatan Udara Israel.

"Flight Guard sepenuhnya bekerja secara otonom, tidak berdasarkan perintah atau kontrol dari awak pesawat dan mereka tidak menerima informasi secara langsung. Pengujian Flight Guard oleh Elbit Systems, Departemen Pertahanan dan Departemen Perhubungan Israel telah selesai, dan Flight Guard segera akan dipasang pada pesawat-pesawat sipil Israel, seperti pesawat penumpang."

"Flight Guard kemungkinan dipasang pada pesawat dan helikopter pengintai dan pengisi bahan bakar," ujar Adi Dar, chief executive officer divisi Electro-Optic Elbit Systems.

"Ini merupakan salah satu ekperimen terbesar yang pernah dilakukan Israel," katanya. "Kementerian Pertahanan memastikan sistem Flight Guard mampu mengatasi semua ancaman yang relevan, dan sistem ini berhasil dalam setiap skenario uji coba. Flight Guard adalah salah satu proyek terbesar dan paling kompleks yang pernah dilakukan oleh Elbit atau Israel, dan kami sangat gembira dan sangat senang dengan hasil uji coba ," ujar Adi Dar.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai kapan sistem Flight Guard akan dipasang pada pesawat sipil Israel atau rencana diekspor ke negara lain.


1 Response to "Israel akan Pasang Laser Anti Rudal pada Pesawat Sipil"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.