Latest News

Iran Luncurkan Mock-up Pesawat Latih/Serang Ringan

Jet latih tempur Borhan

Mashregh News, sebuah situs berita yang berafiliasi dengan IRGC (Tentara Penjaga Revolusi Islam) Iran, mempublikasikan sebuah gambar buram dari mock-up pesawat latih/serang ringan baru yang dijuluki dengan "Borhan".

Pesawat baru ini merupakan evolusi dari HESA Shafaq, pesawat latih/serang ringan berkecepatan subsonik yang terbuat dari material penyerap radar (fitur siluman) buatan dalam negeri Iran. Shafaq belum pernah dibuat dalam model skala penuh. Gambar-gambar Shafaq bisa Anda lihat di internet.

Baik Shafaq maupun Borhan yang baru, desainnya tampak jelas terinspirasi dari pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130 Rusia dengan bagian depan yang hampir sama dan LERX (Leading Edge Root Extensions) yang besar. Hal ini mungkin tidak terlepas dari bantuan Rusia di saat awal pengembangan Shafaq. Melihat ke bagian ekor, ketika Shafaq memiliki dua stabilisator vertikal miring, satu-satunya gambar Borhan ini tampaknya menunjukkan bahwa Borhan hanya memiliki satu ekor tunggal namun besar, menjadikannya tampak sebagai replika tulen dari Yak-130.

Menurut Mashregh News, sistem propulsi Borhan menggunakan satu mesin berkekuatan 15 KN. Kecepatan tertingginya Mach 0,65 (796 km perjam), berat kosong 2.800 kg, muatan sebesar 1.200 kg dan jangkauan 1.800 km.

Yang menarik pada gambar, mock-up Borhan tampak membawa rudal AGM-45 Maverick dan AIM-9 Sidewinder. Namun tidak jelas apakah ini rudal asli atau tiruan untuk mempercantik penampilannya saja.

Yang perlu digarisbawahi, tidak seperti yang dulu kita lihat pesawat tempur siluman F-313 Qaher yang kini tidak jelas kabarnya, Borhan tampaknya memang benar-benar dikembangkan dan lebih dari sekedar mock-up belaka.

Mari kita lihat apakah di masa depan mock-up Borhan ini akan berubah menjadi pesawat seseungguhnya atau tidak.

Gambar: Mashregh News


0 Response to "Iran Luncurkan Mock-up Pesawat Latih/Serang Ringan"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.