Latest News

Australia Operasikan Kapal Serbu Amfibi HMAS Canberra

HMAS Canberra III

Angkatan Laut Australia (RAN) telah resmi mengoperasikan HMAS Canberra III (L02), yang merupakan kapal pertama dari dua kapal serbu amfibi atau dikenal dengan Landing Helicopter Dock (LHD) Kelas Canberra.

Kepala Staf RAN Vice Admiral Tim Barrett mengatakan saat peresmian HMAS Canberra di Pangkalan Armada Timur, Sydney, pada 28 November 2014: "HMAS Canberra adalah tambahan menarik untuk RAN, kapal yang sangat andal ini akan melayani bangsa dengan baik untuk beberapa dekade mendatang."

Pembangunan HMAS Canberra dimulai di Spanyol pada tahun 2008, dengan lambung diluncurkan oleh galangan kapal Spanyol Navantia pada tahun 2011. Lambung ini kemudian diangkut ke Australia pada akhir 2012 untuk diselesaikan oleh BAE Systems Australia.

HMAS Canberra mengusung sistem propulsi diesel dan gas turbin (CODAG), yang dikombinasikan dengan satu turbin gas LM 2500 dan dua generator diesel MAN 16V32/40. Mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 20 knot (37 km/jam) - digambarkan oleh media Australia kecepatannya lebih cepat dari beruang kutub namun lebih lambat dari rusa kutub.

Kapal berbobot benaman 27.831 ton ini merupakan kapal terbesar yang pernah dibangun untuk RAN, akan dikerahkan untuk menangani situasi pertempuran, keadaan darurat kemanusiaan, dan untuk mengangkut peralatan dan unit penerbangan militer. Yang pasti akan secara signifikan meningkatkan kemampuan penyebaran amfibi Angkatan Pertahanan Australia (ADF).

LHD yang berdimensi panjang 230 meter dan lebar 32 meter ini dipersenjatai dengan empat senjata otomatis 20 m, enam senapan mesin 12,7 mm, senjata anti-torpedo dan sistem decoy Nulka.

HMAS Canberra memiliki empat dek utama; dek kendaraan berat, akomodasi, hanggar dan kendaraan ringan, dan penerbangan. Mampu mengangkut lebih dari 1.000 personel, 4 kapal pendarat, 100 kendaraan lapis baja, 12 tank tempur utama dan 18 helikopter. HMAS Canberra dirancang untuk dapat beroperasi di pelabuhan sekunder, serta bermanuver di perairan dangkal di daerah pesisir.

HMAS Canberra III

HMAS Canberra III

Selain untuk situasi tempur, Canberra dirancang untuk melakukan misi bantuan kemanusiaan dan bencana skala besar. Di dalamnya terdapat fasilitas medis lengkap dengan dua ruang operasi, satu ruangan Critical Care Unit dengan delapan tempat tidur, dan ruangan perawatan lainnya. Selain itu, HMAS Canberra juga mengakomodasi layanan radiologi, patologi, fasilitas farmasi dan gigi.

Komandan HMAS Canberra Captain Jonathan Sadleir mengatakan: "Melalui banyak upaya, kapal yang luar biasa ini akhirnya menjadi kenyataan."

"Kami tahu kapal ini memiliki kemampuan yang mengagumkan, tetapi langkah selanjutnya adalah pergi ke laut untuk prosedur pengujian, memperbaiki dan mengkonsolidasikan, sehingga kita dapat siap ketika bangsa membutuhkan."

Meskipun menjadi kapal pertama di kelasnya, HMAS Canberra diberikan nomor  L02, bukan L01. Kapal Kelas Canberra yang kedua HMAS Adelaide yang akan diberi nomor L01, yang rencananya akan mulai dioperasikan RAN pada bulan Juni tahun depan.

HMAS Canberra III

All resources: Royal Australian Navy


2 Responses to "Australia Operasikan Kapal Serbu Amfibi HMAS Canberra"

  1. terlalu minim untuk persenjataan dan pertahanan anti rudal maupun dari serangan jet tempur,
    kapal kek gini bakal jadi sasaran empuk destroyer rossia Udaloy Class maupun Slava Class. apa militer ausii tidak berpikir yaa untuk menambahkan beberapa armament pertahanan yg mampuni utk kapal baru mereka ini

    ReplyDelete
  2. Utk Indonesia seharusnya dpt membeli kapal Mistral utk SAR, contoh kasus Yaman WNI sangat membutuhkan akan keselamatan jiwa karena bandara di Yaman sdh dibombardir dan akan mempersulit herkules kita evakuasi. Kalau ada Mistral heli kita siap dr kapal menuju kesasaran utk penyelamatan........

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.