Latest News

AK-12, Apa Kabarmu?

http://www.artileri.org/2014/11/ak-12-apa-kabarmu.html

Konstantin Lazarev (entah siapa) mengupload beberapa foto menarik dari uji coba senapan AK-12 di laman Facebooknya. Senapan ini terlihat dicat dengan warna tanah, dan tampaknya telah digunakan dengan berat.

Seperti diketahui, AK-12 saat ini masih terus diuji untuk nantinya digunakan sebagai senapan standar tentara Rusia. Desainnya masih mengusung desain khas senapan Rusia sebelumnya AK-74, namun terlihat dengan receiver, bolt carrier, dan rel monolitik baru sebagai solusi pemasangan optik disamping fitur-fitur baru lainnya.

AK-12 dinilai masih sebagai turunan senapan serbu legendaris AK-47, diproduksi oleh pabrik senjata Izhmash. Kaliber yang digunakan adalah 5,45×39mm standar AK-74, namun dapat diubah ke 7,62×39mm dan 5,56×45mm. Versi kelas beratnya akan menggunakan kaliber 7,62×51mm NATO.

Pada 2012 lalu, Kementerian Pertahanan Rusia sempat mengumumkan bahwa tentara Rusia tidak akan membeli AK-12, alasannya stok surplus AK-74 mereka di gudang senjata sudah mencapai jutaan dan tidak membutuhkan senapan baru. Meskipun demikian, Rusia tetap memulai uji coba senapan ini (mungkin untuk membantu kondisi keuangan Izhmash-dinyatakan pailit). Diuji di segala cuaca, kondisi dan iklim, namun sayang AK-12 dinyatakan masih memiliki cacat. Cacat tersebut tidak diungkapkan karena merupakan informasi rahasia bagi pengembang.

Pada 2013 lalu juga pemerintah Rusia menyebutkan bahwa AK-12 tidak akan ikut uji coba negara hingga masalah-masalah pada senapan diselesaikan. Hingga kini Izmash terus memperbaiki AK-12. Entah apa nanti nasib senapan yang disebutkan super ergonomis ini.



0 Response to "AK-12, Apa Kabarmu?"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.