Latest News

US Navy Luncurkan North Dakota, Kapal Selam Senilai USD 2,6 Miliar

USS North Dakota

Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) resmi menugaskan kapal selam terbarunya "USS North Dakota (SSN 784)," dalam sebuah upacara resmi di Submarine Base New London, Groton, Connecticut, Sabtu, 25 oktober 2014. USS North Dakota adalah kapal selam pertama dari delapan kapal selam baru Kelas Virginia Block III atau sebagai kapal selam kesebelas dari kapal selam Kelas Virginia.

Kapal selam serang generasi baru ini akan memberikan US Navy kemampuan tinggi dalam mempertahankan supremasinya di abad ke-21. Fitur siluman pada kapal selam ini telah ditingkatkan, ditambah dengan sistem pengawasan dan perangkat perang khusus canggih, membuatnya memenuhi seluruh persyaratan multi misi Angkatan Laut AS.

USS North Dakota
Samudera Atlantik (18 Agustus 2014). North Dakota saat uji coba laut. Gambar: US Navy
North Dakota mampu menyerang sasaran darat dengan rudal jelajah Tomahawk yang sangat akurat dan melakukan misi pengawasan rahasia jangka panjang. Peran North Dakota lainnya antara lain misi anti kapal selam dan anti kapal permukaan, pengiriman pasukan khusus dan dukungan khusus, dan penyebaran dan pemetaan ladang ranjau.

Kapal selam North Dakota memiliki bobot benaman 7.800 ton, panjang 377 meter, diameter 34 kaki (10,36 meter) dan mampu berlayar dengan kecepatan 25 knot saat menyelam. Kapal selam ini dilengkapi dengan reaktor nuklir yang membuatnya tidak perlu mengisi bahan bakar seumur hidupnya (33 tahun), sehingga akan menghemat biaya perawatannya dan tidak mengurangi masa operasinya di laut.

USS North Dakota
Dari Virginia standar ke Virginia Block III terjadi perubahan sekitar 20 persen. Perubahan meliputi desain ulang pada ship bow, mengganti 12 tabung peluncur individual dengan dua Virginia Payload Tube berdiamater besar, yang masing-masing mampu meluncurkan enam rudal jelajah Tomahawk. Gambar: GDEB
North Dakota yang seharga USD 2,6 miliar ini dibangun untuk mendominasi perairan pesisir dan perairan dalam dunia dengan peran sebagai anti kapal selam, anti kapal permukaan, misi penyerangan, misi Pasukan Operasi Khusus, intelijen, pengintaian dan pengawasan, dan misi ranjau.

Sebagai kapal selam tercanggih milik Angkatan Laut AS saat ini, kapal selam ini lekat dengan fitur siluman terbaik, daya tahan dan kemampuan serang yang baik, serta perlengkapan sensor yang mendukung lima dari enam Maritime Strategy Core Capabilities - Sea Control, Power Projection, Forward Presence, Maritime Security, and Deterrence.

USS North Dakota


4 Responses to "US Navy Luncurkan North Dakota, Kapal Selam Senilai USD 2,6 Miliar"

  1. berani di adu deh, aku pegang yasen class.

    ReplyDelete
  2. $ 14 miliar : 8 = $ 1.75m.....$2,6 m itu termasuk rudal,maintenence dll ?

    ReplyDelete
  3. panjang 377 kaki..

    ReplyDelete
  4. Jika Indonesia mempunyai 1 buah kapal selam yang sedikit canggih, tentunya Malaysia dan Australia akan ketar-ketir.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.