Latest News

Kunjungi PT Lundin, KASAL Tinjau Pembangunan Kapal Trimaran

KASAL tinjau pembangunan Trimaran

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Marsetio, melaksanakan peninjauan langsung pembangunan Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran, di galangan PT. Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, 24 Oktober 2014. Dalam kegiatan tersebut, KASAL diterima oleh Direktur Utama PT. Lundin Industry Invest, Lizza Lundin didampingi suaminya, John Lundin, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kegiatan diawali dengan menerima paparan laporan perkembangan kemajuan pembangunan kapal Trimaran yang proyek pembangunannya dimulai kembali sejak 25 Maret 2014, dan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan di lokasi pembangunan kapal Trimaran. Menurut KASAL, diadakannya peninjauan ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana perkembangan pengerjaan dari kapal yang dipesan agar memenuhi kriteria yang dipesan baik spesifikasi teknis, kualitas, serta keamanan (zero accident) sehingga musibah yang dulu pernah dialami (insiden KRI Klewang) tidak terjadi lagi.

Lebih lanjut KASAL mengatakan bahwa PT Lundin Invest merupakan galangan kapal kebanggaan dalam negeri, yang membuat  kapal Trimaran. Rencana kedepan, TNI Angkatan Laut akan membuat empat kapal Trimaran dengan melibatkan industri pertahanan dalam negeri.

"Kita akan membuat 4 kapal, dan akan kita libatkan industri-industri pertahanan dalam negeri, ada dari PT PAL, PINDAD, dan PT LEN. Ini merupakan kapal pertama dengan desain baru, yang bahkan belum ada di Asia. Desain terbaru dengan bahan material anti api dan lebih tidak dapat dideteksi oleh radar. Ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi, karena produk ini adalah produk pertahanan dalam negeri yang berasal dari Banyuwangi," ujarnya.

Kapal ini nantinya akan memiliki panjang keseluruhan (length overall) 62,53 meter, length on waterline 60,77 meter, water draft 1,17 meter, beam overall 16 meter, bobot mati 53,1 ton, serta digerakkan oleh 4 unit mesin penggerak utama, didesain sebagai kapal siluman (stealth) canggih yang melaju dengan kecepatan tinggi dan stabil dalam kondisi laut apapun.

KRI Klewang-625
KRI Klewang-625 (Trimaran) yang terbakar pada September 2012 sebelum diserahterimakan kepada TNI AL
Dispenal


1 Response to "Kunjungi PT Lundin, KASAL Tinjau Pembangunan Kapal Trimaran"

  1. Sayang KRI Klewang terbakar coba ngak mungkin waktu hut TNI kemarin dipamerin

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.