Latest News

Ini Video Pertama Jet ISIS Terbang di Langit Suriah?

L-39 Suriah

Belakangan, beberapa media melaporkan bahwa ISIS telah memulai operasinya dengan menggunakan jet tempur MiG dari pangkalan udara di Suriah.

Memang, di tahun ini, ISIS telah berhasil menguasai dua pangkalan udara di pusat Suriah, Tabqa dan Kshesh, di mana ISIS berhasil menyita beberapa pesawat Angkatan Udara Suriah. Di antara pesawat-pesawat ini, adalah MiG-21 dan L-39 yang dalam kondisi yang mungkin tidak layak terbang. -Militer Suriah menyatakan pesawat-pesawat ini tidak lagi bisa terbang bahkan suku cadangnya tidak ada lagi-

Foto pejuang ISIS yang berpose disamping pesawat L-39 utuh di Kshesh, sekitar 70 kilometer di sebelah timur Aleppo, juga telah dipublikasikan di beberapa situs dan media sosial.

Munculnya beberapa foto tersebut bukan berarti ISIS memiliki angkatan udara sendiri. Namun, kemampuan ISIS untuk menjadikan MiG atau L-39 tersebut layak terbang tidak juga bisa diremehkan. Diberitakan, dengan bantuan personel Irak yang sebelumnya bertugas di Angkatan Udara Irak, tiga pesawat di Kshesh telah berubah statusnya menjadi operasional.

Pada 18 Oktober kemarin, muncul video yang dilaporkan diambil di Kshesh. Menunjukkan pendaratan sebuah jet di pangkalan udara tersebut yang dikuasai ISIS.

Sulit menebak pesawat tersebut, tapi sepertinya L-39.


Jika memang beberapa pesawat tersebut telah berstatus operasional, maka sangat aneh jika pesawat Amerika Serikat yang terlibat dalam Operation Inherent Resolve (kampanye Perang AS terhadap ISIS) belum ditargetkan ke pangkalan udara yang dimaksud untuk menghancurkan pesawat-pesawat tersebut. Militer Amerika Serikat sendiri belum menerima laporan adanya jet ISIS yang operasional atau mantan pilot Angkatan Udara Irak yang membantu ISIS menerbangkan pesawat tersebut.

Foto pada gambar di atas adalah foto dari L-39 Angkatan Udara Suriah selama serangan udara di langit Aleppo.


2 Responses to "Ini Video Pertama Jet ISIS Terbang di Langit Suriah?"

  1. Dear ISIS, keep your foot step marching forward. You are not far away from hell. May your souls rest peecefully and enjoy every torture in the deepest hell. Satan will be always side by side with you.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.