Latest News

Helikopter Serang dan Intai T-129 ATAK Turki Siap Tempur

T129 ATAK

Lima helikopter serang dan intai taktis pertama yang diproduksi oleh Turki "T129 ATAK", telah dikirimkan ke Angkatan Darat Turki pada hari Kamis menyusul selesainya pelatihan pilot.

Seorang pejabat militer Turki mengatakan kepada media bahwa pilot yang akan mengoperasikan helikopter T129 ATAK telah menerima pelatihan selama 4 bulan, dan sekarang baik pilot dan helikopter T129 ATAK sudah siap bertempur kapanpun. Empat helikopter lainnya juga akan dikirimkan pada minggu depan.

Helikopter ini dikembangkan melalui proyek ATAK, yang dimulai sejak akhir 2007. Setelah kontrak dengan total nilai sebesar USD 3 miliar ditandatangani dengan Finmeccanica AgustaWestland, sebuah perusahaan pertahanan Italia, Turki melalui Turkish Aerospace Industries (TAI) memulai penelitian untuk mengembangkan dan memproduksinya. T129 sendiri dikembangkan berdasarkan helikopter Agusta A129 Mangusta.

T129 ATAK adalah helikopter serang dua kursi, dan bermesin ganda yang didesain khusus untuk misi penyerangan dan pengintaian. Para insinyur Turki menambahkan beberapa perangkat tambahan seperti avionik dan sistem keamanan dan pertahanan seperti lapisan armor yang kuat. Rudal laser guided pertama Turki yaitu Cirit dan Hydra dapat diluncurkan dari T129 ATAK. Selain itu, T129 juga mampu membawa rudal Hellfire anti tank dan rudal Stinger anti pesawat. Total, T129 ATAK mampu membawa hingga 76 rudal.


Gambar: Turkish Aerospace Industries


2 Responses to "Helikopter Serang dan Intai T-129 ATAK Turki Siap Tempur"

  1. kenapa turki pilih lisensi mangusta 129 gack kamov 52 alligator lebih hebat.

    ReplyDelete
  2. lama ga posting ya ndan

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.