Latest News

F-35A Pertama Australia Mulai Terbang ke Langit

F-35A pertama Australia

FORT WORTH, Texas - Pesawat tempur Lockheed Martin F-35A Lightning II Joint Strike Fighter pertama Australia memulai penerbangan perdananya pada 29 September 2014, dilaporkan laman Global Aviation Report. Ini sebagai tonggak bersejarah program F-35 Angkatan Udara Australia.

Kepala pilot tes F-35 Lockheed Martin, Alan Norman, menerbangkan pesawat tersebut dalam penerbangan sortie selama dua jam untuk memeriksa fungsi pesawat.

F-35 pertama Australia yang diberi kode sebagai AU-1 ini dijadwalkan akan dikirimkan ke Angkatan Udara Australia pada akhir tahun ini untuk ditugaskan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona. Sebagaimana negara-negara mitra program F-35 lainnya, Australia juga akan menggunakan F-35A pertama ini sebagai pesawat pelatihan pilot.

F-35 Lightning II akan secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur udara Angkatan Udara Australia, sekaligus memberikan manfaat besar bagi industri kedirgantaraan Australia. Yang mana diketahui, dalam program F-35 ini, industri kedirgantaraan Australia telah mendapatkan kontrak lebih dari USD 412 juta untuk menyuplai beberapa komponen F-35.

F-35 Lightning II dinilai sebagai pesawat tempur paling cerdas di planet ini, yang dirancang untuk menyerang musuh di udara dan di tanah tanpa terdeteksi oleh radar. Amerika Serikat dan sekutunya telah berinvestasi dan bekerjasama untuk mengembangkan pesawat tempur generasi kelima ini. Menurut AS, F-35 akan menjadi pesawat multiperan internasional sebagai landasan keamanan global di abad ke 21.

F-35A kedua Australia
F-35A kedua Australia saat acara peluncuran di fasilitas Lockheed Martin di Forth Worth, Texas, 24 Juli 2014. Pesawat kedua ini juga akan dikirimkan pada akhir tahun ini.
Seperti yang diketahui, Australia telah memesan 72 F-35A (varian konvensional) disamping rencana pesanan tambahan 28 unit lagi. Pesawat-pesawat siluman ini rencananya akan mulai dioperasikan secara penuh oleh Angkatan Udara Australia pada tahun 2020, menggantikan F/A-18 Super Hornet. 

Selain itu, pada Mei lalu, Perdana Menteri Tony Abbott juga menyatakan tengah mempertimbangkan pembelian F-35B yaitu varian lepas landas pendek dan mendarat vertikal. Jika jadi, F-35B yang harganya lebih mahal 20% dari F-35A ini akan dioperasikan oleh Angkatan Laut Australia pada kapal LHD Kelas Canberra yang akan bertugas pada 2016 nanti.

Gambar: Lockheed Martin - Royal Australian Air Force F-35A Joint Strike Fighter


6 Responses to "F-35A Pertama Australia Mulai Terbang ke Langit"

  1. yg jadi pertanyaan adalah apakah kemampuan f-35 itu benar adanya atau propaganda krn dr beberapa simulasi f-35 dapat di kalahkan oleh rafale....utk dogfight ( hitungan di atas kertas) f-35 bisa di bilang ga mumpuni....klo masalah stealth....f-22 yg katanya lebih stealth dari f-35 aja bisa di lacak sama radar perang dunia ke-2 ..f-22 ga bisa naklukin radar low band

    ReplyDelete
    Replies
    1. simulasi yang mana, bro anon 6.02?
      setahu saya f35 belum pernah dogfight dengan pesawat manapun jadi belum ada yang tahu kemampuan sebenarnya (istilahnya masih "top secret"). hehehe
      f22 gak bisa naklukin radar low band gimana, bro? memang uda pernah f22 ketangkap sama radar low band? itu baru rumor doang (karena orang berpikir teknologi f22 sama dengan f117), pertanyaannya apa iya sama?

      Delete
    2. Kayaknya info yg agan anon 6:02 dapat dari media abal-abal..... f 35 dan f 22 gak pernah diajak duel dgn pesawat dari negara lain....... Klo f22 atau f35 selemah itu ya gak mungkin rusia dan cina bela"in saingin amerika klo teknologi yg mereka saingin cuma teknologi kacangan.... Apalagi biasanya pesawat yg tidak dijual oleh amerika itu kualitasnya mumpuni seperti f117, b2 spirit n sr 71 blackbird........ Patut diingat ya jika suatu negara gak mau menjual produk militernya ke negara manapun pasti senjata yg dimilikinya amat sangat rahasia dan berteknologi tinggi seperti milik amerika dan rusia

      Delete
    3. yg jelas amerika memiliki keuntungan saat ini krn hanya mereka negara yg memiliki pesawat tempur bekemampuan stealth...
      dgn munculnya pesawat tempur stealth dr negara lain, bentar lg kita bakal memasuki perang dunia III...
      " The invisible war "
      NKRI jg hrus siap2x dgn semua ini

      Delete
  2. Apapun alasannya,yg pasti RI HARUS MENAMBAH RADAR MILITER DAN JUGA RUDAL PERTAHANAN UNTUK MENJAGA KEPENTINGAN RI DI KAWASAN

    ReplyDelete
  3. Bro, jangan kuatir NKRI beli SU-35 dan jumlahnya dirahasiakan serta termasuk kapal mistral akan dibeli NKRI yg tdk jadi dibeli Rusia .Sip...........

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.