Latest News

Sistem Hanud Oerlikon Skyshield Tiba di Indonesia

Sebanyak 8 set sistem pertahanan udara terbaru TNU AU "Oerlikon Skyshield" tiba di tanah air pada Rabu, 3 September 2014, dilaporkan laman arc.web.id.

Oerlikon Skyshield TNI AU

Menurut sumber, foto-foto kedatangan Oerlikon Skyshield ini terungkap dari media sosial PT. Alam Indomesin Utama, perusahaan yang bertanggung jawab atas pengiriman, pengintegrasian dan pelatihan sistem pertahanan udara tersebut. Penangkis serangan udara canggih ini tiba di Indonesia sesuai dengan kontrak Kemhan dengan Rheinmetall Air Defence Swiss pada pertengahan tahun lalu yang senilai USD 202 juta (kontrak waktu itu hanya untuk 6 unit).

Skyshield tiba lebih cepat dari waktunya, karena sesuai kontrak, senjata ini baru akan tiba 4 unit pada 2015 dan 2 unit pada 2017. (Jika memang tidak ada perubahan soal jumlah dan waktu pengiriman setelah pemberitaan kontrak pada tahun lalu)

Oerlikon Skyshield TNI AU

Oerlikon Skyshield TNI AU

Menurut Lettu Tek Fajar Ari Kumbara (dilansir di laman Lanud Iswahjudi), Oerlikon Skyshield adalah meriam kaliber 35 mm penangkis serangan udara yang dioperasikan secara otomatis dan diintegrasikan dengan Chiron missile. Sedangkan Chiron missile memiliki data teknik, jarak maksimum maksimum 7 km, jangkauan efektif 3-5 km, ketinggian 3,5 km, berak missile 20 kg fuse impack dan proximity, diameter 80mm, launcher pedestal, Chiron missile diproduksi negara Korea Selatan.

Photo: PT.Alam Indomesin Utama) via arc.web.id


18 Responses to "Sistem Hanud Oerlikon Skyshield Tiba di Indonesia"

  1. ga menarik pertahanan udara nya, mending pantsir-s1

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukuri dulu aja...barangkali besok lusa s-300 yg dateng atau s-500 sekalian

      Delete
    2. Semoga proyek R-HAN dapat di kembangkan menjadi perisai langit Indonesia berdampingan dengan Oelikon skyshild. Aminnn.....

      Delete
  2. orlikon juga bagus lho, kaprang tni al terbaru juga mau dipasangin orlikon?

    ReplyDelete
  3. Mengingat banyaknya gejolak/ konflik di belahan dunia lain yg patut diwaspadai..TNI harus diperkuat baik SDM maupun alutsistanya, juga kualitas & kuantitasnya..Indonesia haruslah dijaga dengan baik agar anak cucu kita bisa meneruskan kehidupan yg lebih baik, damai, aman & tentram..Beli alat pertahanan janganlah tanggung2, semua demi melindungi segenah tumpah darah Indonesia..Klo perlu segera beli SU34, SU35, Rudal S400,S500, Pesawat Pembom Jarak jauh, KS Kilo Class & Amur plus Destroyer..kami rakyat kecil lebih senang melihat Indonesia kuat daripada duit negara dimakan para koruptor..Jayalah NKRI, mari bersatu padu memajukan bangsa yang besar ini...Slm persaudaraan dlm keanekaragam"

    ReplyDelete
  4. klau s-500 ga balakan mungkin itu cuma buat negara yang punya senjata nuklir aja.. rusia juga ga mungkin jual s-500 dalam waktu 10 tahun ini, mungkin 25-30 tahun lagi baru di jual

    ReplyDelete
  5. Kenapa s400 sama buk m2 belum dibeli juga ya

    ReplyDelete
  6. Mimpi semua lu pade. Mana ada negara yg jual senjata canggihnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau komen yang sopan. Jangan bawa2 kebiasaan di Yahoo atau yg lain ke sini yang membuat pembaca yang lain tidak nyaman.

      Delete
    2. lah Oerlikon Skyshields enjata canggih juga yg di jual ke indonesia.....u pikir su27/30 dari rusia bukan barang canggih???...klo pemerintah mau...gw yakin rusia mau jual s-400 ke kita..lah su t-50 fak-pa juga di tawarin ke indo klo versi import nya udah jadi

      Delete
  7. Mungkin rudal ini akan hancur sebelum ditembakan karna kalah jarak deteksi dan jangkauan tembak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan rudal bung, ini meriam PSU (penangkis serangan udara).

      Delete
  8. siapa sih yang usulin beli senjata beginian????? kurang gregeet taooo..... udah beli nya cuma 6 bijiiii...... apa yang mau di lindungin pkai senjata begonoaaaan???? kan bnyak tuh pertahanan udara rusia jarak pendek yg lebih mantap bisa di bwa kmna2 seperti : tor-m1/m2, pantsir-s1, tunguska, s-200, dll.

    ReplyDelete
  9. yaelaah indonesia mana cocok pakai pelindung udara begini???? ini mah khusus negara eropa yang kecil2 tanah nya, indonesia kan luaaaassss..... minimal pantsir-s1 kek biar bisa di bawa kmna2

    ReplyDelete
  10. Coba Indonesia beli pantsir-s1, dan S500.
    pasti keren.
    tapi apa emang pantsir-s1 dan S500 di jual ya. he he...

    ReplyDelete
  11. ada asal lo kuat duitnya.

    ReplyDelete
  12. bongkar, tiru, kembangkan dan buat. beli terus kapan pinternya. mandiri dong?

    ReplyDelete
  13. Kita hargai keinginan rakyat yg ingin pertahanan indonesia ini kuat sehingga jadi negara yg bermartabat,semoga tahun mendatang kita dapat pemimpin yg bisa mewujudkan itu semua

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.