Latest News

GXV-T Darpa: Mereposisi Armor dan Mengelak dengan Cepat

Konsep GXV-T Darpa

DARPA, salah satu dinas Pentagon yang kerap mengonsep teknologi-teknologi aneh, kini meluncurkan konsep baru kendaraan tempur darat yaitu Ground X-Vehicle Technology (GXV-T).

Salah satu tujuan utama dari program GXV-T DARPA ini adalah meningkatkan survivabilitas kendaraan tempur darat dengan cara meningkatkan kelincahannya. Semakin lincah kendaraan maka akan semakin mampu menghindar dari ancaman yang masuk, baik dengan cara mengelak dengan cepat, atau dengan mengkonfigurasi ulang kendaraan sehingga probabilitas hantaman atau penetrasi ancaman yang masuk menjadi rendah tanpa menjadikan kru di dalamnya celaka.

Video konsep dari DARPA ini mengilustrasikan tiga dari beberapa potensi pertahanan diri GXV-T, yaitu mereposisi armor, hentakan akselerasi, dan suspensi unik yang memungkinkannya bertahan atau menghindar dari ancaman yang masuk.


Keselamatan kendaraan tempur darat dan para awaknya sangatlah ditentukan dari lapisan armor dan manuvernya. Tingkat atau lapisan armor yang dibutuhkan untuk melindungi dari ancaman saat ini telah menjadikan bobot kendaraan bertambah dan tidak juga efektif bertahan dari serangan yang terus menerus. Sedangkan konsep GXV-T merupakan tekonologi revolusioner yang minim menggunakan armor, sukar terdeteksi, dan menghindar atau bertahan dengan cepat dari serangan musuh. Di masa depan, ukuran kendaraan ini mungkin kecil, lincah dan cepat sehingga efisien dan efektif dalam situasi pertempuran yang bervariasi dan tidak terduga.


5 Responses to "GXV-T Darpa: Mereposisi Armor dan Mengelak dengan Cepat"

  1. ini mobil apa robot ya. kayaknya ini robot tank deh

    ReplyDelete
  2. Ada aja teknologi barunya musingin

    ReplyDelete
  3. Hahahaa.. kereennn

    ReplyDelete
  4. paling ntar ujicobanya di palestina....

    ReplyDelete
  5. Ada ada aja mang DARPA

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.