Latest News

Pesawat Tanker Ini Hanya Dijual Seharga 20 Miliar

http://www.artileri.org/2014/08/pesawat-tanker-ini-hanya-dijual-seharga.html

Dekade terakhir ini, Angkatan Udara Kerajaan Inggris atau Royal Air Force (RAF) telah terkena pemotongan anggaran yang sangat signifikan, sementara mereka harus memodernisasi pesawat-pesawat kecil. Mereka kini berniat menjual pesawat Lockheed L-1011-500 TriStar yang sudah pensiun. Tidak mahal, pesawat ini hanya dijual senilai USD 1,75 juta atau lebih kurang 20,5 miliar rupiah. Bukan dana yang banyak, tapi lumayan untuk menambah uang jajan RAF.

Penawaran penjualan ini dilakukan oleh CSDS Aircraft, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat yang fokus pada pembelian, penjualan, dan penyewaan pesawat dan helikopter untuk klien global. TriStar adalah pesawat angkut serbaguna berbadan besar yang juga umum difungsikan sebagai pesawat tanker (pengisi bahan bakar pesawat lain). TriStar dapat mengangkut 266 penumpang dan dapat membawa 136.000 kg bahan bakar jet, yang dapat langsung dialirkan ke pesawat lain di udara melalui selang dan parasut pengisian bahan bakar di udara.


Jika Sobat tidak tertarik untuk menggunakan TriStar untuk mengisi bahan bakar F-16 atau Sukhoi, atau mengajak 266 teman-teman plesiran keliling dunia, Sobat bisa gunakan TriStar untuk mengangkut apa saja, misalnya sembako he.. atau dijadikan pajangan di halaman rumah bagus juga. Bagaimana, minat?

Pikir deh, satu C-130H baru harganya lebih kurang sama dengan 17 TriStar ini. Masih mahal? Tenang... CSDS Aircraft masih ada stok satu TriStar lagi yang dijual seharga USD 700 ribu atau sekitar 8,2 miliar rupiah, tapi konskuensinya jam terbangnya jauh lebih banyak dari TriStar pertama.

TriStar telah turut dalam banyak konflik yang melibatkan NATO atau RAF pada 1980-an, misinya yang terakhir adalah ikut dalam serangan udara Inggris di Libya pada tahun 2011. Selama operasi di Libya ini, TriStar menjadi pesawat kunci dalam mengangkut rudal Storm Shadow untuk Tornado dari pangkalan mereka di Inggris.

RAF akan mengganti TriStar dengan pesawat lain di bawah progam Future Strategic Tanker Aircraft (FSTA). Pesawat penggantinya adalah Airbus A330 Multi-Role Tanker Transport (MRTT).

Gambar: Wiki Common


2 Responses to "Pesawat Tanker Ini Hanya Dijual Seharga 20 Miliar "

  1. waaahhh...sebagai negara jamaah hibahiyah wal bekasiyah bin ngeteng iyah bin ketinggalaniyah...ini wajib di beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan beli...barter sama anak @L4¥ aja...persediaan banyak kok....
      yeye lalala yeyeye lalalala...

      Delete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.