Latest News

ATD-X Siluman Jepang Terbang Awal Tahun Depan?

Mock up ATD-X

Pesawat tempur siluman pertama Jepang akan memulai penerbangan perdananya pada awal tahun depan, menurut surat kabar Mainichi Shimbun yang melaporkan pada 12 Agustus 2014.

Menurut Mainichi Shimbun, pesawat tempur siluman Jepang yang dikembangkan oleh Konsorsium Mitsubishi Heavy Industries (MHI) ini dilengkapi beberapa teknologi yang sebanding dengan F-35 JSF yang digunakan AS. Surat kabar Mainichi Shimbun juga melaporkan bahwa pesawat siluman yang disebut dengan Mitsubishi ATD-X (Advanced Technology Demonstrator-X) ini akan memulai uji coba penerbangan perdananya pada bulan Januari 2015, dan menambahkan bahwa hingga saat ini pengembangan ATD-X telah menelan biaya sebesar 39,2 miliar yen (sekitar 4,5 trilun rupiah). Rencananya program pengujian ATD-X akan dilakukan selama satu tahun penuh, atau sampai otoritas pertahanan Jepang memutuskan pesawat ini siap masuk layanan.

Kementerian Pertahanan Jepang dan pihak MHI sendiri membantah laporan surat kabar Mainichi Shimbun yang menyatakan bahwa ATD-X akan terbang pada Januari 2015. Surat kabar Mainichi Shimbun hanya mengutip pernyataan seorang pejabat anonim pemerintah Jepang. Pihak MHI sendiri mengatakan bahwa untuk penerbangan perdana ATD-X, pihaknya masih harus mendiskusikannya lebih lanjut dengan Kementerian Pertahanan Jepang.

Namun, pada April lalu Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera pernah mengatakan bahwa Jepang berencana melakukan penerbangan perdana ATD-X pada tahun ini.

Salah satu alasan Jepang mengembangkan ATD-X adalah akibat penolakan penjualan F-22 Raptor kepada Jepang. Setelah penelitian awal, pengembangan penuh dimulai pada tahun 2007. Hingga saat ini, belum banyak yang diketahui soal fitur ATD-X, namun dari data prototipe ATD-X pertama (mungkin lebih tepat disebut mock-up karena ukurannya jauh lebih kecil dari ATD-X yang akan diproduksi) yang beredar, menunjukkan bahwa pesawat ini berkursi tunggal dan bermesin ganda yang seukuran dengan mesin Raptor.

Gambar: mod.go.jp


6 Responses to "ATD-X Siluman Jepang Terbang Awal Tahun Depan?"

  1. gw setuju nih kalo indonesia beli satu skuadron tapi dengan TOT, teknologi jepang jangan di ragukan lagi !! teknolgi jepang hampir 95% ngga ada yang gagal !! tidak seperti teknologi china 65% berhasil sisanya gagal.

    ReplyDelete
  2. wowowowow kueren bror. TNI boleh akuisisi pespur ini bila berminat... '?"

    ReplyDelete
  3. wah teknologi ini udah keluar dari perjanjian. saya takutnya jepang bangkit lagi seperti dulu..

    ReplyDelete
  4. Kaya pesawatnya Ultraman..

    ReplyDelete
  5. Melihat pict nya, kesan silumannya kurang kentara, karena masih experimen mungkin pesawat ini bermain di kulit atau lapisan pelindung anti radar, tapi apapun hasil pesawat ini nantinya sepertinya lebih ke proyek penguasaan teknologi siluman, Pada akhirnya bila sudah dirasa USA mulai mengancam baru F22 diserahkan ke Jepang. seperti halnya sejarah F15 saat dulu, hanya segelintir negara seperti Jepang dan Iran yang bisa mendapatkannya.

    ReplyDelete
  6. Kena apa PT DI ndak beli mesin pesawat jet dr Rusia, China aja beli mesin jet dr Rusia utk pembelajaran juga dijual dan kalau mau PT DI hrs membuka para enginer dr dua negara/membuat devisi baru utk teknologi Rusia karena PT DI kan banyak ahli2nya dr Uni Eropa. Kalau ini bisa dikerjakan PT DI akan menyalip China karena kita dua kiblat teknologi dr Uni Eropa dg Rusia, kalau bisa dibuat kantor baru di Sulawesi utk teknologi Rusia karena pesawat Sukhoi ada di sulawesi dan perkawinan teknologi akan dpt memecahkan mesin pesawat jet yg menjadi kemdala dlm pengembangan jet2 tempur Made In Indonesia. Salam...........

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.