Latest News

Sukhoi T-50 Rusia Terbakar Saat Mendarat

http://www.artileri.org/2014/06/sukhoi-t-50-rusia-terbakar-saat-mendarat.html

Pesawat tempur generasi ke-5 Sukhoi T-50 (PAK FA-Perspektivny Aviatsionny Kompleks Frontovoy Aviatsii) yang sejak Februari lalu mengikuti program ujian negara, terbakar saat mendarat di Pangkalan Udara Zhukovski dekat Moskow, 10 Juni 2014, RIA Novosti melaporkan.

Pihak Sukhoi mengatakan bahwa pada saat pendaratan asap terlihat keluar dari engine air intake kanan, dan api kecil pun muncul dari lambung pesawat tak lama setelah kejadian itu.

Meskipun terbakar, salah satu pesawat dari total 5 pesawat uji coba ini mendarat dengan sukses dan Sergey Bogdan, test pilot yang menerbangkannya tidak mengalami luka-luka. Pejabat perusahaan Sukhoi menyebutkan bahwa kebakaran itu bersifat lokal, dan dengan cepat bisa dipadamkan. Selanjutnya pihak Sukhoi akan memperbaiki pesawat ini.

"Jet akan dikembalikan. Tidak ada yang terluka. Perusahaan Sukhoi telah membentuk komisi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan," pejabat Sukhoi mengatakan.

Menurut Sukhoi, prototipe-prototipe T-50 lainnya akan tetap melanjutkan uji coba ground tests and static tests, dan insiden itu tidak akan berdampak pada program pengujian, proses uji coba akan tetap dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pesawat yang terbakar ini sendiri adalah prototipe kelima (terakhir) yang dikirimkan ke Pangkalan Udara Zhukovsky pada November 2013 lalu untuk diuji coba.

Baca juga: T-50 yang Masih Bermasalah


Dilansir oleh Flight Global, pada 5 Juni lalu, Mikhail Pogosyan, Presiden United Aircraft (induk Sukhoi) memuji hasil-hasil pengujian Sukhoi T-50 selama ini. Lima prototipe T-50 telah berpartisipasi dalam program pengujian dan sertifikasi kinerja, yang dijadawalkan akan selesai pada tahun 2015, menjelang pengiriman pertama ke Angkatan Udara Rusia yang diperkirakan terjadi pada 2016.

Program evaluasi sebelumnya adalah memvalidasi kinerja PAK-FA dan sudah dirampungkan pada tahun 2013 lalu. Sedangkan uji coba kali ini adalah untuk menilai kinerja peralatan-peralatannya seperti avionik.

Sukhoi T-50 berfitur siluman dengan teluk senjata internal untuk serangan udara dan darat, mesin thrust-vectoring untuk high-acceleration turns dan kemampuan terbang supercruise tanpa memerlukan afterburner. Pesawat ini terbang pertama kali pada bulan Januari 2010. Pada tahun 2011, T-50 ditampilkan pertama kali dihadapan publik saat pameran dirgantara MAKS dan pada MAKS 2013, tiga jet kembali diikutsertakan dan melakukan manuver kelompok. (RIA Novosti, Flight Global, Sukhoi)

Gambar : United Aircraft


1 Response to "Sukhoi T-50 Rusia Terbakar Saat Mendarat"

  1. Kira kira kapan ya TNI bisa mengakuisisi T 50 PAK FA...???
    gak usah banyak2 1skadron aj cukup n semoga kedepannya TNI bisa mewujudkan mimpi itu...

    amin...

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.