Latest News

Rusia Tambah 16 MiG-29SMT pada 2015-2016

MiG-29SMT

Enam belas jet tempur multiperan MiG-29SMT Fulcrum akan bergabung dengan Angkatan Udara Rusia pada rentang 2015-2016 di bawah kontrak yang sudah disepakati sebelumnya, Direktur Jenderal perusahaan MiG, Sergei Korotkov mengatakan saat pameran senjata KADEX 2014 di Astana, Kazakhstan, Sabtu, 24 Mei 2014.

"Kami harus menyelesaikan kontrak (pengiriman) pada tahun 2016. Delapan pesawat akan dikirim pada tahun depan dan delapan lainnya pada 2016," Korotkov mengatakan.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Departemen Pertahanan Rusia dan perusahaan MiG telah menandatangani kontrak untuk pengadaan 16 MiG-29SMT senilai 17 miliar rubel (USD 500 juta). Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa kontrak pembelian tersebut sudah fasilitas pelayanan dasar dan peralatan pemantauan dan dukungan lainnya.

Menurut Korotkov, pengadaan 16 jet tempur MiG-29SMT ini ditujukan untuk tetap menjaga variasi tempur Angkatan Udara Rusia. Angkatan Udara Rusia sebelumnya telah menerima 18 jet tempur MiG-29SMT pada 2009-2010. "Pesawat-pesawat terbukti baik dioperasikan dan memiliki jangkauan yang signifikan ditambah dengan penggunaan senjata modern untuk menghancurkan target udara dan darat," katanya.

Mengomentari soal kontrak, Wakil Menteri Pertahanan, Yury Borisov, mengatakan bahwa pembelian atau kepercayaan Rusia ini akan menjadi batu loncatan atau semangat bagi perusahaan MiG untuk mengembangkan jet tempur yang lebih baik lagi, seperti MiG-35.

MiG-29SMT adalah versi yang lebih modern dari MiG-29, jet tempur untuk garis depan pertempuran. Pesawat ini bisa dilengkapi dengan berbagai rudal udara ke udara dan rudal udara ke permukaan dan senjata-senjata lain yang akan membuatnya efisien dalam menghancurkan target udara, darat dan objek yang berlayar di laut.

Dilaporkan bahwa efisiensi tempur MiG-29SMT telah meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan MiG-29 versi standar, dan biaya pengoperasiannya pun telah berkurang menjadi sekitar 60 persen saja, Interfax melaporkan. (Voice of Russia).

Gambar MiG-29SMT: Alex Beltyukov - RuSpotters Team


10 Responses to "Rusia Tambah 16 MiG-29SMT pada 2015-2016"

  1. Catat bro ... USD500 juta utk 16 unit Mig 29 SMT baru & gress lg, kalau TNI AU cocok bisa beli juga tuh ... beli langsung jgn pake calo

    ReplyDelete
  2. Iya,bener $500 juta dapet yg lbh mantap dari f-16 bekas,,kalo dilihat performa jelas MiG-29smt lbh bagus dari f-16..tolonglah jgn asal amrik mulu kalo beli alutsista..negara laen bnyk yg lbh bagus dr amrik..thx

    ReplyDelete
  3. setuju sama komentar @den bdg. sayangnya di indonesia sudah menjadi budaya , setiap transaksi pake calo / makelar

    ReplyDelete
  4. bagus banget pesawat tempurnya

    ReplyDelete
  5. Budaya njilat amrix ga ketulungan awetnya.... Apakah penomena baru...? Tembak dan lupakan... Baru aja bebas mbargo, masih tertatihtatih.... udah lupa daratan...

    ReplyDelete
  6. ini coment ga pada mikir ya..klo rusia sendiri beli ya psti murah...tp klo untuk ekspor ya lebih mahal...contoh panser anoa yg beli tni murah tp klo yg beli negara lain bisa 2x lipat harganya tong....

    ReplyDelete
  7. Harus nya indonesia bisa beli tu ,,, tapi ntah mengapa petinggi negeri ini lebih suka menerima hibah brng bekas #penyakit

    ReplyDelete
  8. Harus nya indonesia bisa beli itu , walau dengan harga 2 x lipat ,,,, soalnya hub kita dengan rusia sangat2x friendly daripada menerima hibah brng bekas dari us ketinggalan jaman ,,,, payah ni pemerintah

    ReplyDelete
  9. namanya buatan dalam negerinya sendiri bro pasti lebih murah lah, sama aja kaya pindad jual ke indonesia jauh lebih murah dari pada ekspor. kalo gak mau di embargo ya buat sendiri, kalo liat bagus enggak pesawat mah bandingin sama lawan setara nya. dimana mana mig 29 itu bukan first juga bukan second air force bro. makanya gak di produksi banyak karna dikit yg minat.

    ReplyDelete

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.