Latest News

Perancis Ganti Senapan Serbu FAMAS

Famas G2 Felin

Rencana ini sudah sejak beberapa tahun lalu, tapi baru minggu lalu Menteri Pertahanan Perancis secara resmi meluncurkan program untuk menggantikan senapan serbu FAMAS. Beberapa hari lalu pemberitahuan mengenai tender di laman BOAMP.fr (situs resmi pemerintah Perancis untuk publikasi akuisisi) merinci syarat dan ketentuannya.

Menurut notice dalam laman (beberapa diantaranya):
  • Akan diakuisisi sebanyak 90.000 senjata individu personel.
  • Senjata akan didistribusikan ke tiga matra Angkatan Bersenjata Perancis.
  • Setengahnya (45.000) merupakan versi standar.
  • Setengah lainnya merupakan versi pendek.
  • Juga dibutuhkan 38 juta putaran amunisi 5.56x45 NATO.
Kembali ke tahun 2011, Kepala Staf Angkatan Darat Perancis, Jenderal Ract Madoux, pernah mengatakan bahwa tender akan diterbitkan pada tahun 2013 (lalu). Sejak saat itu, pasukan khusus Perancis sudah mulai mengadopsi senapan lain seperti FN SCAR (Belgia-AS) dan HK 416 (Jerman).

FAMAS atau Fusil d'Assault de la Manufacture d'Armes de St-Etienne dikembangkan pada akhir tahun 1960. Prototipe pertamanya dibuat pada tahun 1971, dan selanjutnya diuji dan dievaluasi oleh Angkatan Darat Perancis. Kemudian diadopsi oleh Angkatan Darat Perancis pada tahun 1978 untuk kemudian menjadi senapan standar infanteri. Saat ini ada sekitar 15 negara (termasuk Indonesia-Kopaska dan Kopassus) yang menggunakan FAMAS dalam beberapa variannya.


0 Response to "Perancis Ganti Senapan Serbu FAMAS"

Komentar tidak lagi dimoderasi, namun fitur anonim kami tiadakan. Gunakan akun Google atau akun terdaftar lainnya untuk berkomentar.